SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ
  manusia serta kelainan/penyakit
  yang mungkin terjadi pada organ tersebut 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Indikator: Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel
  kelamin.  
Konsep Esensial:  
REPRODUKSI MANUSIA 
·  
  Sruktur organ laki-laki dan perempuan dan
  fungsinya 
·  
  Hubungan antara organ dan hormone reproduksi 
·  
  Spermatogenesis dan oogenesis 
·  
  Mekanisme
  menstruasi  
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
21 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan proses/fungsi organ pada
  sistem reproduksi manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan  
Perhatikan gambar organ reproduksi dalam wanita berikut ini 
Proses  fertilisasi dan nidasi
  secara berurutan berlangsung pada bagian .. 
A.   O dan L  
B.    P dan M 
C.    N dan L 
D.   L dan P 
E.    M dan O 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
Mampu menjelaskan proses/fungsi organ pada
  sistem reproduksi manusia berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan  
Perhatikan gambar organ reproduksi dalam laki-laki  berikut ini 
Pada saat ejakulasi akan dihasilkan cairan (semen) yang diproduksi oleh
  bagian-bagian .... 
A.   
  1,2,3, dan 4 
B.    
  1,2,3, dan 5 
C.    
  2,3,4, dan 6 
D.   
  2,4,5, dan 6 
E.    
  3,4,5, dan 6 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar organ dalam reproduksi
  pria/wanita siswa mampu menjelaskan proses
  hormonal yang terjadi 
 Perhatikan gambar berikut ini 
Penjelasan bagian X sesudah (paska)
  ovulasi pada tabel berikut ini yang benar adalah … 
  | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Siswa mampu menjelaskan
  proses oogenesis 
Proses
  pembentukan gamet pada wanita disebut oogenesis yang mulai terjadi pada saat
  .... 
A.    Janin 
B.     Bayi lahir 
C.     Pubertas 
D.    14 hari sesudah
  menstruasi 
E.     Bersamaan dengan
  menstruasi 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Siswa mampu menjelaskan
  proses spermatogenesis 
Sel sperma dibentuk oleh sel-sel spermatogonia
  yang yang akan mengalami pembelahan meiosis. Pada saat ejakulasi akan
  dikeluarkan jutaan sel sperma sehingga untuk pembentukan sperma dibutuhkan
  banyak sel spermatogonium. Sifat
  spermatogonium berikut ini yang 
  memungkinkan proses tersebut dalah ..... 
A.  
  Sejak
  lahir laki-laki mempunyai jumlah spermatogonium yang sangat banyak 
B.   
  Sel induk sperma  membelah
  terus menerus secara mitosis menghasilkan spermatogonium 
C.   
  Sel spermatogonium akan membelah terus- menerus 
D.  
  1 spermatogonium membelah secara meiosis kemudian
  dilanjutkan pembelahan secara mitosis tanpa batas 
E.   
  Sel sperma membelah secara terus menerus didalam vesica
  seminalis 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ
  manusia serta kelainan/penyakit
  yang mungkin terjadi pada organ tersebut 
 | 
 |
| 
   
Indikator: Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh  
Konsep Esensial:  
·   Kekebalan non spesifiki 
  (rintangan eksternal, fagositosis, inflamasi, protein anti mikroba) 
·   Kekebalan spesifik (Sel B /Anti Bodi dan  Sel T) 
·   Vaksinasi 
 | 
 |
| 
   
22 
 | 
  
   
Mampu menjelaskan proses/fungsi kekebalan
  non spesifik 
Tubuh setiap saat dapat mengalami kontak dengan mikroba penyebab
  penyakit tetapi tidak selalu mengakibatkan sakit karena memiliki system
  pertahanan. Sistem pertahanan tubuh yang paling luar dalam menghadapi mikroba
  adalah …. 
A.   
  Kulit dan membran mukosa 
B.     Sel darah putih 
C.     Protein anti
  mikroba  
D.    Antibodi 
E.     Sel T 
 | 
 
| 
   
Dengan diberikan narasi kasus infeksi siswa mampu menjelaskan proses imunitas yang dihasilkan  
Apabila tubuh terinfeksi Virus cacar kemudian sembuh. Untuk jangka waktu
  tertentu orang tersebut akan mengalami kekebalan terhadap penyakit cacar.
  Kekebalan ini disebabkan dalam tubuh telah terbentuk.... 
A.    Sel limfosit
  B memori 
B.     Sel limfosit B pembantu 
C.     Sel limfosit B pembunuh 
D.    Sel limfosit B supresor 
E.     Antibody 
 | 
 |
| 
   
Mampu menjelaskan proses/fungsi perangsangan
  kekebalan  spesifik pada saat vaksinasi 
Seseorang yang divaksinasi dengan diberikan
  mikroba yang dilemahkan akan merangsang respon imun yang bersifat .... 
A.   
  Non spesifik 
B.    
  Pasif alami 
C.    
  Pasif buatan 
D.   
  Aktif alami 
E.    
  Aktif buatan 
 | 
 |
| 
   
Mampu menjelaskan prinsip vaksinasi 
Untuk menghindari terserang penyakit karena
  infeksi beberapa upaya dapat dilakukan diantaranya adalah vaksinasi. Prinsip
  vaksinasi adalah pemberian ... 
A.   
  antibodi 
B.    
  antigen 
C.    
  protein anti mikroba 
D.   
  sel limfosit B 
E.    
  sel limfosit T 
 | 
 |
| 
   
Mampu menjelaskan mekanisme  imunitas spesifik 
Perhatikan beberapa respon terhadap mikroba
  yang masuk tubuh berikut ini 
1)     
  monosit membunuh mikroba 
2)     
  daerah yang terinfeksi
  meradang 
3)     
  sel menghasilkan interferon 
4)     
  sel B menghasilkan antibodi 
5)     
  sel T menghancurkan sel yang
  terinfeksi 
Respon imun yang dikategorikan sebagai respon
  imun yang spesifik adalah ... 
A.   
  1 dan 3 
B.    
  2 dan 4 
C.    
  2 dan 5 
D.   
  3 dan 4 
E.    
  4 dan 5 
 | 
 |
| 
   
SKL 6 : Menjelaskan faktor-faktor yangmempengaruhi proses pertumbuhandan
  perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau
  pengamatan.  
 | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan
  tumbuhan. 
Konsep Esensial: 
Metodologi penelitian 
·        
  Rumusan
  masalah 
·        
  Variable 
·        
  Data dan kesimpulan 
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan 
Faktor Eksternal 
Faktor Internal (gen dan Hormon) 
 | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
23 
 | 
  
   
Dengan diberikan
  tabel hasil eksperimen pertumbuhan siswa mampu menyimpulkan
  hasil hasilnya 
Aglonema banyak dimanfaatkan sebagai tanaman
  hias karena mempunyai daun dengan motif dan warna yang menarik. Harga tanaman
  aglonema ditentukan berdasarkan banyaknya daun. Perhatikan tabel
  pemberian pupuk pada tanaman Aglonema berikut ini 
 
Pertumbuhan daun terbaik apabila diberi pupuk
  ... 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  tabel hasil eksperimen pertumbuhan siswa mampu menyimpulkan
  hasil hasilnya 
Perhatikan tabel panjang batang tanaman kacang
  hijau dalam waktu 10 hari berikut ini 
 
Pertumbuhan terbesar terjadi pada hari ke ... 
  | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi faktor luar/eksternal yang mempengaruhi
  perteumbuhan  berdasarkan percobaan
  tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman 
Kecambah kacang hijau
  yang sudah tumbuh, ditanam di dalam pot yang berisi tanah dan menunjukkan
  gejala : 
-         
  batang  tinggi, kurus dan pucat 
-         
  daun sedikit dan berwarna
  pucat 
Tanaman kacang
  tersebut kemungkinan kekurangan ... 
A.   
  air 
B.    
  cahaya 
C.    
  karbondioksida 
D.   
  unsur makro 
E.    
  unsur mikro 
 | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi faktor internal yang mempengaruhi
  pertumbuhan  berdasarkan percobaan
  tentang pertumbuhan/perkembangan tanaman 
Sebatang pohon
  disobek batangnnya kemudian kulit batangnya diambil karena akan digunakan
  untuk obat. Beberapa bulan kemudian bagian tersebut telah tertutup kembali
  bahkan terlihat adanya tonjolan. Hormon yang bekerja pada gejala tersebut
  adalah ...... 
A.   
  antokalin 
B.    
  Auksin 
C.    
  Gibberelin 
D.    Asam traumalin 
E.    
  Kalin 
 | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan
  diberikan satu gejala pertumbuhan, siswa mampu mengidentifikasi
  faktor internal dan eksternal penyebabnya 
Perhatikan gambar
  berikut ini 
Setelah beberapa hari tanaman akan tumbuh berbelok kearah
  datangnya cahaya matahari. Gejala ini terjadi karena interaksi antara …. 
A.    Cahaya dan gibberelin 
B.     Cahaya dan auksin 
C.    
  Kelembaban
  dan sitokinin 
D.    Kelembaban dan auksin 
E.     Nutrisi dan gibberelin 
 | 
 ||||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 7: Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat
  dan kemosintesis. 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Indikator: Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari
  faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim. 
Konsep
  Esensial:  
ENZIM 
Ciri-ciri enzim 
Struktur Enzim 
Mekanisme kerja enzim 
Faktor yang mempengaruhi kerja enzim 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
24 
 | 
  
   
Siswa mampu menjelaskan prinsip kerja
  enzim 
Enzim
  disebut biokatalisator karena kemampuannya mempercepat reaksi metabolism.
  Prinsip kerja enzim untuk mempercepat reaksi adalah …. 
A.   
  Meningkatkan
  energi aktifasi 
B.     Menurunkan energy aktifasi 
C.     Meningkatkan energy yang
  dibutuhkan untuk reaksi 
D.    Menghambat gerakan molekul
  yang bereaksi 
E.     Meningkatkan suhu untuk
  memulai reaksi 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar hubungan enzim, substrat dan produk siswa mampu
  mendeskripsikan mekanisme kerja  enzim 
Perhatikan
  gambar yang menjelaskan reaksi enzimatis berikut ini! 
Substrat  dan produk secara urut ditunjukkan  oleh bagian yang  bernomor ..... 
A.    1 dan 2 
B.     1 dan 3 
C.     2 dan 4 
D.    3 dan 2 
E.     4 dan 1 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan hasil reaksi enzimatis dan non
  enzimatis siswa mampu menyimpulkan prinsip
  kerja enzim untuk mempercepat reaksi   
Dua tabung reaksi (A dan B) diisi H2O2
  masing-masing 10 ml kemudian: 
Tabung A: dibiarkan terbuka pada suhu kamar 
Tabung B: Dibiarkan diudara terbuka dan
  dimasukkan sepotong hati ayam kedalamnya 
Hasil: 
  ternyata tabung A tidak nampak ada perubahan sedangkan tabung B muncul
  gelembung-gelembung. 
Kesimpulan dari perbedaan hasil tersebut adalah
  ... 
  | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan narasi tentang susunan enzim
  siswa mampu menentukan komponen-komponen penyusun
  enzim 
Komponen enzim
  terutama tersusun dari protein tetapi beberapa enzim juga mempunyai komponen
  non protein. Komponen  non protein yang
  terdiri dari ion-ion anorganik  disebut
  .. 
A.   apoenzim 
B.    holoenzim 
C.    koenzim 
D.   kofaktor 
E.   
  komplek
  enzim 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan grafik kecepatan kerja enzim
  siswa mampu menyimpulkan faktor yang
  mempengaruhi 
Perhatikan
  grafik pengaruh X terhadap kecepatan kerja enzim (V) berikut ini!  
Faktor yang
  mempengaruhi kecepatan reaksi kimia yang ditunjukkan oleh X adalah…. 
A.   
  PH 
B.    
  Konsentrasi Substrat 
C.    
  Konsentrasi Enzim 
D.    Suhu 
E.    
  Inhibitor 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
SKL 7: Mendeskripsikan proses
  metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.. 
 | 
 ||||||
| 
   
Indikator: Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat. 
Konsep Esensial:  
RESPIRASI 
·        
  pengertian reaksi katabolisme 
·        
  Tahap reaksi katabolisme dan tempat berlangsung:  
      Glikolisis 
      DO 
      Siklus
  Krebs  
     Sistem
  Transport elektron  
·     
  Mitokondria dan tahap metabolisme 
 | 
 ||||||
| 
   
25 
 | 
  
   
Siswa mamapu mendefinisikan pengertian reaksi katabolisme 
Reaksi metabolisme dibedakan menjadi 2 yaitu katabolisme dan anabolime.
  Dalam reaksi katabolisme terjadi …. 
A.    Perubahan bahan
  anorganik menjadi organik 
B.     Perubahan dari
  molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks 
C.    
  Perubahan dari molekul kompleks menjadi
  molekul sederhana 
D.    Dihasilkan
  energy dalam bentuk glukosa 
E.     Terjadi di
  organ tubuh 
 | 
 |||||
| 
   
Dengan diberikan
  gambar skema  tahapan respirasi siswa mampu
  mendeskripsikan tahap-tahap respirasi 
Perhatikan skema
  rangkaian reaksi respirasi berikut ini 
 
 
 
 
 
 
Bagian X, Y dan Z
  secara urut adalah ... 
A.   
  Glikolisis, siklus
  krebs dan sistem transpor elektron 
B.    
  Glikolisis, transpor elektron
  dan siklus krebs 
C.    
  Siklus krebs, transpor
  elektron dan glikolisis 
D.   
  Siklus krebs, glikolisis dan
  sistem transpor elektron 
E.    
  Transpor elektron, siklus
  krebs, glikolisis 
 | 
 ||||||
| 
   
Dengan diberikan pernyataan  tentang reaksi respirasi siswa mampu menjelaskan peran oksigen  
Reaksi umum respirasi
  adalah : 
C6H12O6
   + O2  → CO2   + H2O + ATP 
Pernyataan berikut ini
  yang menjelaskan peran O2 dalam proses respirasi adalah …. 
A.    
  Membakar Glukosa pada tahap pernapasan di
  paru-paru 
B.    
  Pembentuk ATP pada tahap system transport elektron 
C.    
  Akseptor elektron terakhir pada tahap
  Sistem Transpor Elektron 
D.    
  Menghidrolisis C6H12O6 pada
  tahap glikolisis 
E.     
  Sumber Oksigen untuk pembentukan CO2
  pada tahap siklus krebs 
 | 
 ||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar mitokondria siswa mampu menjelaskan
  tahap reaksi yang terjadi pada bagian yang ditunjuk 
Perhatikan gambar
  Mitokondria berikut ini 
Tahap reaksi yang terjadi pada bagian X adalah …. 
  | 
 ||||||
| 
   
Dengan hasil tahap reaksi glikolisis siswa mampu menjelaskan
  proses selanjutnya yang terjadi. 
Tahap glikolisis pada
  rangkaian reaksi respirasi menghasilkan Piruvat, NADH dan ATP. Tahap reaksi
  selanjutnya yang terjadi pada piruvat dan NADH  adalah ... 
  | 
 ||||||
| 
   
SKL 7: Mendeskripsikan proses
  metabolism pada rantai karbohidrat dan kemosintesis.. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator: Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan
  pada proses respirasi aerob. 
Konsep Esensial:  
Katabolisme dan anabolisme 
RESPIRASI 
hasil dari:  
      Glikolisis 
      DO 
      Siklus
  Krebs  
     Sistem
  Transport elektron  
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
26 
 | 
  
   
Dengan diberikan
  gambar skema  tahapan respirasi siswa mampu
  mendeskripsikan proses pada bagian-bagian yang
  ditunjuk 
Perhatikan gambar skema proses respirasi aerob berikut ini 
Penjelasan hasil respirasi pada bagian
  yang ditunjuk oleh X, Y dan Z pada tabel berikut ini yang benar adalah …. 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan pernyataan  tentang reaksi respirasi siswa mampu Menghubungkan substrat, lokasi dan hasil tahap tertentu
  reaksi katabolisme karbohidrat  
Reaksi respirasi terdiri dari kurang lebih 50 rangkaian reaksi yang
  dapat dikelompokkan menjadi tahap Glikolisis, Siklus Krebs dan Sistem
  Transpor Elektron. Pernyataan dalam tabel berikut yang menjelaskan tahap
  reaksi glikolisis adalah .... 
  | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar mitokondria siswa mampu menjelaskan
  tahap reaksi, substrat dan produk 
  reaksi yang terjadi pada bagian yang ditunjuk. 
Perhatikan
  gambar Mitokondria berikut ini 
Penjelasan tahapan respirasi , substrat dan produk
  yang dihasilkan pada bagian yang ditunjuk X pada tabel berikut ini yang benar
  adalah … 
  | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Perhatikan skema proses respirasi
  berikut ini 
Hasil bersih
  pada bagian X apabila yang masuk ke dalam respirasi 1 glukosa adalah …..     
A.      
  2 ATP , 4 NADH , 2
  Piruvat    
B.       
  2
  ATP , 6 NADH, 2 FADH2     
C.       
  2  ATP , 2 
  NADH , Asetil KoA       
D.      
  2 ATP , 1 NADH  , 6 FADH2 
E.       
  1 ATP , 2 NADH. 
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan salah satu bagian reaksi metabolisme siswa mampu mendeskripsikan bagian reaksi yang ditunjuk 
Perhatikan salah satu tahap reaksi glikolisis berikut ini 
Hasil yang
  ditunjuk oleh X adalah … 
A.         
  ATP 
B.         
  ADP 
C.         
  NADH 
D.         
  NAD+ 
E.          
  FADH2 
P dilepaskn diterima ADP menjadi ATP 
A.                                       
    
 | 
 |||||||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 7: Mendeskripsikan proses
  metabolism pada rantai karbohidrat dan kemosintesis. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menjelaskan tahapan proses anabolisme
  (fotosintesis) 
pada
  tumbuhan. 
Konsep
  Esensial:  
FOTOSINTESIS 
Struktur kloroplas Dan peranannya dalam reaksi
  fotosintesis 
Tahapan Fotosintesa Reaksi terang  
Tahapan foto sintesis Reaksi gelap 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
27 
 | 
  
   
Dengan diberikan
  skema reaksi fotosintesis siswa mampu mengidentifikasi
  tahap  reaksi fotosintesis   
Perhatikan skema
  proses fotosintesis berikut ini 
 
 
 
 
 
Berdasarkan skema
  tersebut yang ditandai X, Y dan Z secara urut adalah ... 
  | 
 |||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan disajikan skema reaksi siklus krebs siswa mampu mendeskripsikan bagian reaksi yang ditunjuk 
Perhatikan rangkaian reaksi siklus Calvin berikut ini 
Bagian yang ditunjuk oleh X dan Y secara
  urut adalah … 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu menjelaskan proses reaksi fotosintesis
  berdasarkan sajian gambar  yang
  tersedia 
Perhatikan gambar kloroplas berikut ini 
Selain glukosa fotosintesis juga menghasilkan
  gas O2 yang sangat dibutuhkan untuk respirasi. Bagian dan proses
  pembentukan O2 adalah .... 
A.   
  1 , fotolisis CO2 
B.    
  2,  fotolisis air 
C.    
  3, fiksasi CO2 
D.   
  4, fiksasi air 
E.    
  5, fotolisis air. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu menjelaskan tahap tertentu reaksi
  fotosintesis berdasarkan pernyataan yang tersedia 
Proses fotosintesis merupakan rangkaian reaksi yang
  dapat dikelompokkan menjadi reaksi gelap dan reaksi terang. Pernyataan ikut ini
  yang tidak benar berkaitan dengan proses fotosintesis .… 
A.      
  reaksi
  gelap memanfaatkan CO2 
  untuk membentuk glukosa 
B.       O2 yang
  terbentuk berasal dari pemecahan H2O 
C.       hasil reaksi terang
  adalah O2 
D.       cahaya bukan merupakan
  faktor penting karena justru klorofillah yang harus senantiasa ada. 
E.       
  H2O  yang dimanfaatkan diambil dari dalam tanah 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan disajikan gambar  skema
  reaksi fotosintesis  siswa mampu mendeskripsikan  bagian
  reaksi yang ditunjuk 
Perhatikan gambar reaksi skematis fotosintesis
  berikut ini! 
Pernyataan pada tabel berikut ini yang
  menjelaskan bagian-bagian yang ditunjuk adalah… 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 7: Mendeskripsikan proses
  metabolism pada rantai karbohidrat dan kemosintesis  
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator: Menjelaskan proses
  kemosintesis/respirasi anaerob. 
 Konsep
  Esensial:  
Kemosintesis 
RESPIRASI ANAEROB
  (FERMENTASI) 
perbedaan reaksi anaerob dan aerob 
fermentasi alkohol  , asam laktat 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
28 
 | 
  
   
Dengan diberikan
  narasi ciri-ciri reaksi metabolism 
  siswa mampu mendeskripsikan  kerugian organisme aerob yang menggunakan
  reaksi anaerob 
Perhatikan ciri-ciri reaksi metabolisme berikut ini 
1)      Membutuhkan substrat
  yang lebih banyak 
2)      Menghasilkan 2 ATP 
3)      Energi lebih cepat
  dihasilkan 
4)      bisa berlangsung lama 
5)      Menghasilkan asam
  laktat 
Kerugian hewan yang merupakan organisme aerob  menggunakan respirasi anaerob adalah ... 
A.    1 dan 2 
B.     1 dan 3 
C.     2 dan 5 
D.    3 dan 4 
E.     4 dan 5 
 | 
 |||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  contoh bakteri kemosintesis siswa mampu menjelaskan
  sumber energy yang digunakan 
Bakteri dapat
  melakukan anabolisme dengan memanfaatkan reaksi kimia (kemosintesis). Salah
  satu contoh reaksi yang dimanfaatkan adalah sebagai berikut: 
2H2S  +  O2  →  2H2O
  +  2S 
   
Energi yang
  dimanfaatkan oleh bakteri sebagai sumber energi berasal dari .... 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi perbedaan fotosÃntesis
  dan kemosintesis 
Pernyataan dalam tabel berikut ini yang
  menunjukkan perbedaan fotosintesis dan kemosintesis adalah…. 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu menjelaskan perbedaan  tahap  fermentasi asam laktat dan alkohol 
Perbedaan yang terlihat pada fermentasi asam laktat
  dengan fermentasi alkohol ialah bahwa fermentasi Asam laktat … 
A.      prosesnya membutuhkan oksigen 
B.     ATP yang dihasilkan jumlahnya
  lebih banyakdibandingkan
  fermentasi alkohol 
C.      terjadi tanpa bantuan
  mikroorganisme 
D.      senyawa yang dihasilkan berasal dari asam
  asetat 
E.     
   tidak dibutuhkan tambahan elektron 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  gambar skema respirasi anaerob siswa mampu mengidentifikasi bagian yang
  ditunjuk 
Perhatikan gambar skema
  reaksi pada respirasi anaerob berikut ini 
Bagian yang ditunjukkan oleh X dan Y secara
  berurutan adalah …. 
A.   
  CO2  dan 
  alkohol 
B.    
  CO2  dan 
  asam laktat 
C.    
  Glukosa dan alkohol 
D.   
  Glukosa dan asam laktat 
E.    
  Amilum dan asam laktat 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 8: Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi
  sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi. 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator: Menentukan susunan nukleotida DNA,
  RNA, atau kromosom. 
Konsep
  Esensial:  
Substansi Genetika 
DNA 
Struktur Kromosom 
Struktur DNA atau RNA 
Replikasi DNA 
Kromosom 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
29 
 | 
  
   
Dengan diberikan struktur  DNA siswa mampu menentukan
  penyususn bagian yang ditunjuk  
Perhatikan model struktur DNA berikut ini 
Pernyataan berikut ini yang paling sesuai untuk
  menjelaskan penyusun bagian  X  dan Z secara urut adalah ... 
A.    Gula +  basa nitrogen  dan gugus fosfat 
B.    
  Gula +
  gugus fosfat dan basa nitrogen 
C.    
  Gugus fosfat + basa nitrogen dan gula 
D.    Basa nitrogen dan gula
  + gugus fosfat 
E.    
  Gula dan gugus fosfat + 
  basa nitrogen 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar struktur
  DNA  dengan urutan basa nitrogen yang
  dimiliki siswa mampu menentukan urutan basa
  nitrogen rantai komplemennya 
Perhatikan  urutan basa nitrogen
  pada gambar struktur DNA berikut ini 
Rantai komplemen DNA tersebut akan mempunyai urutan basa nitrogen... 
A.    GCA. 
B.    
  GTA 
C.    
  CGT 
D.    ATG 
E.    
  TAC 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar struktur nukleotida siswa mampu membedakan struktur DNA dan RNA 
Perhatikan gambar
  rantai struktur asam nukleat berikut ini 
 
 
 
Perbedaan DNA dan RNA
  pada struktur yang ditunjukkan oleh X pada tabel berikut ini yang benar
  adalah .... 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan sifat molekulnya siswa mampu mendeskripsikan struktur DNA  
Perhatikan ciri-ciri
  biomolekul berikut ini 
1)     
  rantai ganda berpilin 
2)     
  Rantai tunggal 
3)     
  Mempunyai gula deoksiribosa 
4)     
  Mempunyai basa nitrogen
  pirimidin (adenin dan guanin) dan purin (timin dan sitosin 
5)     
  Jumlah didalam sel tetap 
Yang merupakan ciri
  molekul DNA adalah .... 
A.    
  1, 3, 4 
B.    
  1, 3, 5 
C.    
  1, 4, 4 
D.    
  2, 3, 4 
E.      2, 4, 5 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar siswa mampu menjelaskan ciri/struktur/peran/gen atau kromosom  
Letak gen dalam
  kromosom biasa disebut lokus. 
  Perhatikan beberapa lokus homolog dengan simbol gennya pada satu
  fragmen kromosom  individu berikut ini 
 
 
 
 
 
 
Simbol genotif individu
  tersebut yang benar adalah .... 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
SKL8 : Memahami konsep dasar   hereditas,reproduksi sel, penerapan
  prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator:
  Menjelaskan proses sintesis protein. 
Konsep
  Esensial:  
SINTESIS PROTEIN 
Proses sintesis protein  
Transkripsi: DNA(sense/template) – RNAd (kodon) 
Translasi: Kodon – RNAt - Polipeptida 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
30 
 | 
  
   
Dengan diberikan gambar skema sintesis protein siswa mampu menjelaskan tahap sintesis protein berdasarkan
  skema/charta  
Perhatikan gambar
  model salah satu tahap sintesis protein berikut ini 
 
Tahap sintesis protein
  yang sesuai dengan gambar dan bagian yang ditunjuk X secara berurutan adalah
  .... 
  | 
 |||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi rangkaian asam
  amino hasil sintesis protein berdasarkan sense/antisense/kodon yang tersedia  
Perhatikan tabel kodon dan asam 
  amino yang terbentuk 
 
Sepotong fragmen rantai sense DNA mempunyai urutan basa nitrogen
  sebagai berikut 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Rangkaian asam amino yang terbentuk berdasarkan rantai DNA  tersebut adalah .... 
A.   
  B-D-E-G 
B.    
  B-D-E-H 
C.    
  B-C-F-G 
D.   
  A-C-E-F 
E.     A-D-F-G 
. 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar skema sintesis protein siswa mampu menjelaskan tahap sintesis protein  
Perhatikan skema
  sintesis protein berikut ini 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Berdasarkan skema
  sintesis protein tersebut yang ditunjuk oleh X, Y dan Z secara urut adalah
  ... 
  | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan tahap-tahap sintesis protein yang tidak lengkap menjelaskan pernyataan yang benar 
Di bawah ini
  tahap-tahap dari sintesis protein. 
1)     
  RNA-d disintesis oleh DNA di dalam inti  
2)     
  RNA-d keluar dari inti masuk sitoplasma 
3)     
  RNA d menempel pada ribosom 
4)     
  ….. 
5)     
  Asam-asam amino akan berjajar dalam urutan yang
  sesuai 
 Yang terjadi pada tahap ke-4 supaya
  rangkaian proses sintesis benar adalah …. 
A.    
  RNA-d melekat pada ribosom 
B.    
  RNA-t
  datang membawa asam amino yang sesuai. 
C.    
  RNA-d membentuk asam amino yang sesuai 
D.    
  Sitoplasma membentuk RNA-t sesuai dengan kode dari RNA-d 
E.     
  Sitoplasma
  membentuk kodon  sesuai dengan kode
  dari RNA-d 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan
  diberikan gambar skema sintesis protein siswa mampu mengidentifikasi
  tahap sintesis protein  
Perhatikan skema
  sintesis protein berikut ini 
Tahapan yang ditunjukkan oleh X dan Y secara
  urut adalah ... 
A.   
  Transkripsi dan replikasi 
B.    
  Transkripsi dan
  translasi. 
C.    
  Translasi dan replikasi 
D.   
  Translasi dan transkripsi 
E.    
  Replikasi dan transkripsi 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 8: Memahami konsep dasar   hereditas,reproduksi sel, penerapan
  prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menjelaskan tahap-tahap
  pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis. 
Konsep
  Esensial:  
Pembelahan Sel 
Siklus sel (G1-S-G2-mitosis) 
perilaku kromosom pada setiap fase pembelahan sel  
Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis 
Spermatogenesis dan oogenesis 
 | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
31 
 | 
  
   
Mampu membedakan   pembelahan sel secara mitosis dan meiosis 
Pembelahan mitosis dan meiosis dalam beberapa hal berbeda. Perbedaan sel
  anakan hasil pembelahan sel secara mitosis dan meiosis yang benar adalah  
  | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi
  sel pada organisme berdasarkan ciri-cir/gambar yang tersediai yang tersedia 
Perhatikan gambar sel yang sedang membelah berikut ini!  
Sel tersebut berada pada fase pembelahan….  
A.    Profase 
B.     Profase 1 
C.     Metafase 
D.    Metafase 1 
E.     Anafase 
 | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar skema oogenesis/sprematogenesisi siswa mampu mendeskripsikan 
  proses yang terjadi.  
Perhatikan skema
  proses oogenesis berikut ini 
 
 
 
 
Proses perubahan dari
  X ke Y  terjadi pada .... 
  | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
Mampu mengidentifikasi tahap reproduksi
  sel pada organisme berdasarkan gambar yang tersediai yang tersedia 
Perhatikan gambar keaadan kromosom sel yang sedang membelah berikut ini 
Kesimpulan
  dari fase pembelahan sel dari gambar tersebut adalah …. 
A.      
  Keduanya fase  metafase mitosi 
B.       
  Keduanya fase metafase
  meiosis 1 
C.       
  Keduanya fase metafase
  meiosis 2 
D.      
  A metafase mitosis, B
  metafase meiosis 2 
E.       
  A metafase meiosis
  2, B metafase meiosis 1. 
 | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan gambar skema sprematogenesisi siswa mampu mendeskripsikan 
  proses yang terjadi.  
Perhatikan diagram spermatogenesis berikut ini!  
Pernyataan pada tabel berikut ini yang benar berkaitan dengan jenis
  pembelahan sel yang terjadi pada bagian X dan Y adalah 
  | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
SKL
  8:
  Memahami konsep dasar   hereditas,reproduksi sel, penerapan
  prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 |
| 
   
Indikator: Menginterpretasikan persilangan berdasarkan
  hukum Mendel. 
Konsep
  Esensial:  
HEREDITAS/GENETIKA 
hukum Mendel (Segregasi , assortasi) 
Menentukan gamet 
Ratio fenotif dan Genotif  
 | 
 |
| 
   | 
  
   
Dengan diberikan
  susunan genotif siswa mampu menghitung
  jumlah/jenis gamet yang mungkin dihasilkan 
Suatu individu bergenotif AaBbCcDdEEFF. Menurut hukum Mendel pada saat pembentukan
  gamet, jenis/macam gamet yang mungkin dibentuk sebanyak …. 
A.    2 
B.     4 
C.     6 
D.    8 
E.     16. 
 | 
 
| 
   
Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum
  Mendel  dalam penurunan sifat
  dihibrid  berdasarkan kasus/pernyataan
  yang tersedi 
Pada ercis (Pisum
  sativum) bentuk biji bulat (B) dominan terhadap bentuk biji kisut (b)
  sedangkan  bunga warna ungu (M) dominan
  terhadap bunga putih (m). Tanaman ercis bentuk biji bulat ungu yang bersifat
  heterozigot yang melakukan penyerbukan sendiri. Tentukan perbandingan fenotif
  keturunan  Bulat ungu : kisut putih :
  kisut ungu : bulat putih! 
A.    9 : 3 : 3 : 1 
B.     9 : 3 : 1 : 3 
C.    
  9 : 1 : 3 : 3 
D.    1 : 3 : 9 : 3 
E.     1 : 9 : 3 : 3 
 | 
 |
| 
   
Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum
  Mendel  dalam penurunan sifat
  monohibrid  berdasarkan
  kasus/pernyataan yang tersedia 
Bunga warna merah homozigot dominan terhadap bunga warna putih. Apabila
  bunga warna merah heterozigot disilangkan dengan sesamanya, diperoleh
  keturunan berjumlah 72 batang. Berapa batangkah yang berbunga merah ? 
A.    18 batang 
B.     32 batang 
C.     54 batang. 
D.    60 batang 
E.     70 batang 
 | 
 |
| 
   
Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum
  Mendel  dalam penurunan sifat dihibrid  berdasarkan kasus/pernyataan yang tersedia 
Pada ercis (Pisum
  sativum) bentuk biji bulat (B) dominan terhadap bentuk biji kisut (b) sedangkan bunga warna ungu (M) dominan terhadap bunga
  putih (m). Apabila
  tanaman berbiji bulat-bunga ungu (BBMM) disilangkan dengan tanaman biji
  kisut-bunga putih. Pada keturunan kedua (F2) apabila dihasilkan 160 biji
  berapakah peluang menghasilkan tanaman yang bentuk biji kisut- bunga putih adalah … batang. 
A.    
  160                               
B.    
  90                                 
C.    
  30 
D.    
  10 
E.     
  0 
 | 
 |
| 
   
Mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip hukum
  Mendel  dalam penurunan sifat dihibrid  berdasarkan kasus/pernyataan yang tersedia 
Persilangan antara kacang  ercis berbiji kuning  bentuk bulat (AaBb) dengan ercis berbiji
  hijau bentuk bulat (aaBb). Dari persilangan tersebut akan dihasilkan tanaman ....
  . 
A.    kuning bulat 100 % 
B.     hijau bulat 100 % 
C.     kuning bulat : hijau bulat = 75
  % : 25 % 
D.    kuning bulat : hijau
  bulat = 50 % : 50 %. 
E.     kuning bulat : hijau bulat = 25
  % : 75 % 
 | 
 |
| 
   
SKL
  8 :
  Memahami konsep
  dasar   hereditas,reproduksi sel,
  penerapan prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menginterpretasi
  persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.  
Konsep
  Esensial:  
HEREDITAS/GENETIKA 
Penyimpangan semu Mendel  
Atavisme (interaksi gen) 
Kriptomeri 
Epistasis –hipostasis 
Gen lethal 
Alel Ganda 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
33 
 | 
  
   
Mampu menentukan hasil penyimpangan semu (kriptomeri)  hukum mendel berdasarkan kasus yang terjadi
   
Tanaman air Linaria maroccana  mempunyai pasangan gen sebagai berikut 
 Gen A = membentuk antosianin
  dominan terhadap gen a= tidak membentuk antosianin 
 Gen B =
  bereaksi basa (ungu) dominan terhadap gen b = bereaksi asam (merah) 
Apabila tanaman berbunga ungu (AaBb) disilangkan
  dengan tanaman bunga merah (Aabb). Ratio fenotip  keturunannya adalah ......... 
A.    ungu : merah = 3
  : 1 
B.     ungu : merah :
  putih = 4 : 2 : 2 
C.     ungu : merah :
  Putih = 9 : 3 : 4 
D.    ungu : putih = 9
  : 7 
E.    
  ungu : merah : putih : 3 : 3 : 2. 
 | 
 |||||||||||||||||
| 
   
Mampu menentukan hasil penyimpangan semu Atavisme hukum
  mendel berdasarkan kasus yang terjadi  
Seorang peternak ayam memiliki induk jantan dan
  betina yang keduanya berpial walnut. Setelah terjadi perkawinan diantara
  keduannya dari 13 butir telur yang dihasilkan setelah menetas  ternyata terdapat 1 telur yang menghasilkan
  ayam berpial tunggal (single). Dari hasil tersebut dapat dipastikan bahwa
  kedua induk tersebut mempunyai genotif ... 
  | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Mampu menentukan hasil penyimpangan semu hukum mendel (epistasi-hipostasis)  berdasarkan kasus yang terjadi  
Warna kulit buah labu diatur oleh alel ganda dimana Alel kulit buah
  putih (P) dominan terhadap warna hijau (p), alel warna kulit buah Kuning (K)
  dominan terhadap  warna hijau (k) dan
  alel putih bersifat epistasis terhadap alel kuning. Seorang petani
  menyilangkan tanaman labu berkulit buah kuning dengan labu berkulit buah
  hijau ternyata setelah dihasilkan biji dan sebagain ditanam terdapat beberapa
  tanaman yang menghasilkan buah hijau. Berdasarkan data tersebut apabila
  seluruh biji ditanam kemungkinan perbandingan sifat tanaman adalah .... 
A.   
  Kulit buah putih : kulit buah
  kuning : kulit buah hijau = 12 : 3 : 1 
B.    
  Kulit buah putih : kulit buah
  kuning : kulit buah hijau = 1: 3 : 1 
C.    
  Kulit buah putih :  kulit buah hijau = 3 : 1 
D.   
  kulit buah kuning :
  kulit buah hijau = 1 : 1. 
E.     100 % kulit buah kuning 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Mampu menentukan hasil penyimpangan semu gen letal hukum
  mendel berdasarkan kasus yang terjadi 
Warna bulu pada tikus
  ditentukan oleh gen kuning (K) yang bersifat dominan dan alelnya kelabu (k)
  yang bersifat resesif. Gen K bersifat letal pada keadaan homozigot. Apabila
  tikus kuning dikawinkan dengan tikus kelabu kemungkinan perbandingan
  fenonif  kuning : putih pada
  keturunannya adalah  ...... 
  | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
Persilangan antara kacang  ercis berbiji kuning  bentuk bulat (AaBb) dengan ercis berbiji
  hijau bentuk bulat (aaBb). Dari persilangan tersebut akan dihasilkan tanaman ....
  . 
A.    kuning bulat 100 % 
B.     hijau bulat 100 % 
C.     kuning bulat : hijau bulat = 75
  % : 25 % 
D.    kuning bulat : hijau
  bulat = 50 % : 50 %. 
E.     kuning bulat : hijau bulat = 25
  % : 75 % 
 | 
 ||||||||||||||||||
| 
   
SKL
  8:
  Memahami konsep dasar   hereditas,reproduksi sel, penerapan
  prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 |
| 
   
Indikator: Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit
  menurun pada manusia. 
Konsep
  Esensial:  
GENETIKA PADA MANUSIA 
Albino 
Butawarna 
Hemofilia 
Golongan darah 
Thalesemia 
Siklemia 
Pedigree(peta silsilah) 
 | 
 |
| 
   
34 
 | 
  
   
Mampu mendeskripsikan penurunan sifat buta warna/hemofilia
  pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia 
Seorang siswa laki-laki tidak dapat melanjutkan studi fakultas
  kedokteran karena diidentifikasi memiliki gangguan buta warna. Setelah
  dilakukan tes buta warna terhadap ibunya ternyata normal. Karena ayahnya
  sudah meninggal sehingga tidak dapat diketahui sifatnya. Sifat buta warna yang dimiliki siswa tersebut diperoleh dari .... 
A.   
  Ibunya yang normal
  heterozigot. 
B.    
  Ayahnya yang penderita 
C.    
  Ayahnya yang normal
  heterozigot 
D.   
  Ibu dan ayahnya yang normal
  heterozigot 
E.     Ibunya yang normak heterozigot dan ayahnya yang penderita 
 | 
 
| 
   
Mampu mendeskripsikan penurunan sifat terpaut Y kromosom  pada manusia berdasarkan kasus/peta  silsilah yang tersedia 
Pada beberapa manusia
  memiliki kelainan hipertrikosis berupa tumbuhnya rambut pada bagian tepi
  telinga. Setelah dilakukan penelitian ternyata hanya pria yang mengalami
  hipertrikosis sedangkan wanita tidak ada. Berdasarkan data tersebut dapat
  disimpulkan bahwa gen hipertrikosis bersifat ... 
  | 
 |
| 
   
Mampu mengidentifikasi sifat genotif  dalam satu penyakit menurun pada manusia
  berdasarkan peta silsilah yang diberikan 
Perhatikan peta silsilah dalam satu keluarga yang menunjukkan adanya
  kasus hemofilia 
Pasangan
  tersebut memiliki 2 perempuan yang meninggal ketika menginjak dewasa. Apabila
  pasangan tersebut memiliki anak laki-laki (X) berapa % peluang anak tersebut
  menderita hemophilia? 
A.     0   
B.     25 
C.     50. 
D.     75 
E.      100 
 | 
 |
| 
   
Mampu mengidentifikasi sifat fenotif  dalam satu penyakit menurun pada manusia
  berdasarkan peta silsilah yang diberikan 
Perhatikan
  peta silsilah (pedigree) berikut ! 
Apabila E kawin dengan laki-laki normal (tidak buta warna) kemungkinan
  akan diperoleh keturunan yang buta warna adalah… 
A.    
  100 % 
B.    
  75 % 
C.    
  50 % 
D.    
  25 %. 
E.     
  0 % 
 | 
 |
| 
   
Mampu mendeskripsikan penurunan sifat eritrobalastosis
  fetalis pada manusia berdasarkan kasus/peta silsilah yang tersedia 
Seorang wanita mempunyai golongan darah RH-
  kawin dengan seorang laki-laki RH+ yang ibunya bergolongan darah RH-.
  Pasangan tersebut mempunyai anak I yang bergolongan darah RH+. Berapakah
  peluang pasangan tersebut mempunyai anak II? 
A.    0 
B.     25 
C.     50 
D.    75 
E.     100 
 | 
 |
| 
   
SKL
  8 :
  Memahami konsep dasar   hereditas,reproduksi sel, penerapan
  prinsip- prinsip hereditas dan
  peristiwa mutasi. 
 | 
 |
| 
   
Indikator : Menjelaskan
  peristiwa mutasi. 
 Konsep Esensial:  
Mutasi 
Mutagen 
Mutasi gen : Delesi, insersi,substitusi 
Mutasi kromosom :Abrasi, Delesi, duplikasi dll 
Aneuploid 
  (sindrom Turner dan klinefelter)  
 | 
 |
| 
   
35 
 | 
  
   
Dengan
  diberikan skema proses mutasi siswa  mampu
  menyimpulkan jenis mutasinya 
Perhatikan gambar
  mutasi gen secara substitusi basa nitrogen ke 4 (adenin diganti urasil) berikut
  ini 
Berdasarkan perubahan
  asam amino hasil translasi mutasi tersebut dinamakan mutasi .... 
A.    Diam 
B.     Kerangka baca 
C.     Titik. 
D.    Salah arti 
E.    
  Tanpa arti 
 | 
 
| 
   
Dengan diberikan beberapa contoh mutasi mampu memperkirakan kemungkinanmutasi yang menguntungkan 
Proses mutasi dapat dilakukan secara sengaja oleh
  manusia terhadap hewan atau tumbuhan dengan memberikan mutagen tertentu.
  Perhatikan beberapa hasil mutasi berikut ini. 
1)      Poliploidi pada semangka 
2)      Gagal berpisah pada saat pembentukan ovum manusia 
3)      Trisomi kromosom 21 manusia 
Hasil mutasi yang menguntungkan manusia adalah
  .... 
A.      
  1. 
B.       
  2 
C.      
  3 
D.      
  1 dan 3 
E.       
  2 dan 3 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan gambar salah satu mutasi struktur kromosom siswa mampu menyimpulkan peristiwa mutasi kromosom yang
  menyebabkan 
Perhatikan
  gambar mutasi struktur kromosom berikut ini !  
Kerusakan
  kromosom tersebut  terjadi karena
  peristiwa …. 
A.    translokasi 
B.     delesi. 
C.     duplikasi 
D.    inversi  
E.     substitusi  
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan karakter kelainan genotif salah satu mutasi struktur
  kromosom siswa mampu menyimpulkan kelainan yng
  muncul 
Seorang
  penderita sindrom  tertentu memiliki susunan kromosom yang tidak
  normal yaitu 44A  + XO. Dilihat dari susunan
  kromosomnya penderita tersebut mempunyai jenis kelamin .... 
A.    
  Laki-laki 
B.    
  Perempuan. 
C.    
  Mempunyai 2 kelamin laki-laki dan perempuan 
D.    
  Tidak memiliki alat kelamin 
E.      Tidak dapat diidentifikasi karena
  bersifat letal 
 | 
 |
| 
   
Dengan narasi salah satu mutasi struktur kromosom siswa mampu menyimpulkan peristiwa mutasi kromosom yang
  menyebabkan 
Suatu tanaman  mempunyai total
  kromosom 20 karena diberi zat tertentu mengakibatkan mutasi menjadi tanaman
  baru yang mempunyai kromosom menjadi 40 . Tanaman baru ini dikatakan
  memiliki kromosom ... 
A.   Monoploid 
B.    Diploid 
C.    Triploid 
D.   Tetraploid. 
E.    Pentaploid 
 | 
 |
| 
   
SKL 9 : Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan
  sains. 
 | 
 |
| 
   
Indikator: Menjelaskan
  teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya. 
Konsep
  Esensial:  
TEORI ASAL-USUL KEHIDUPAN 
Abiogenesis 
Biogenesis   
Evolusi Biologi-kimia ( Urey ,Oparin) 
Percobaaan S. Miller 
 | 
 |
| 
   
36 
 | 
  
   
Dengan diberikan gambar
  rangkaian eksperimen Stanley Miller siswa mampu menganalisis
  dasar pembuktian asal usul kehidupan  
Perhatikan rangkaian eksperimen Stanley Miller
  berikut ini 
Eksperimen Stanley Miller dianggap dapat
  mengungkap proses asal usul pembentukan maklhuk hidup karena ditemukan  .... 
A.   
  Sel pada bagian 1 
B.    
  sel pada bagian 2 
C.    
  molekul organik
  pada bagian 2. 
D.   
  molekul organik pada bagian 3 
E.     protozoa pada bagian 3 
 | 
 
| 
   
Dengan diberikan rangkaian eksperimen Louis Pasteur siswa mampu mengaitkan hasil percobaan Louis Pasteur dengan
  teori asal usul kehidupan 
Perhatikan gambar labu yang berisi kaldu dan ditutup dengan pipa
  berbentuk leher angsa berikut ini! 
Labu tersebut dipanaskan kemudian
  dibiarkan mendingin dan disimpan beberapa hari kemudian kondisi kaldu
  diamati.  Hasilnya ternyata kaldu tidak
  busuk. Teori asal usul kehidupan yang didukung hasil eksperiemn tersebut
  adalah … 
A.   
  Ciptaan khusus 
B.    
   Biogenesis. 
C.    
  Abiogenesis 
D.   
  Kosmozoa 
E.    
  Neobiogenesis 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan narasi hipótesis Harold Urey siswa mampu
  mengidentifikasi menyebutkan unsur-unsur yang
  terlibat  
Menurut Harold Urey atmosfir purba banyak
  mengandung gas yang kaya zat anorganik. Dengan adanya bantuan energi
  halilintar dan sinar kosmis senyawa tersebut membentuk molekul organik yang
  akhirnya berkembang menjadi makhluk hidup. Gas yang tidak terdapat pada
  atmosfir bumi purba adalah … 
A.   
  O2. 
B.    
  H2,  
C.    
  CH4,  
D.   
  H2O  
E.     NH4 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan rangkaian eksperimen Louis Pasteur siswa mampu mengaitkan hasil percobaan Louis Pasteur dengan teori
  asal usul kehidupan 
Konsep
  Biogenesis menurut Louis Pasteur dalam percobaannya menggunakan 3 tabung
  reaksi. Tiap tabung diberi :pipa lurus tabung I; pipa bentuk U tabung ke II
  dan pipa berbentuk S tabung ke III. Tabung reaksi diisi kaldu yang sudah disterilkan.
  Hasil percobaan tabung reaksi I lebih dahulu keruh. Air kaldu menjadi keruh
  disebabkan … 
A.   
  pipa-pipa tidak dapat disumbat 
B.    
  pipa yang bentuk lurus langsung udara masuk 
C.    
  udara masuk ke dalam tabung reaksi 
D.    udara
  masuk membawa mikroba. 
E.      
  dalam kaldu terdapat mikroorganisme 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan rangkaian 
  biogénesis  siswa mampu menjelaskan  keterkaitan
  nya dengan teori abiogenesis 
Pada percobaan jerami yang
  direndam dengan air hujan setelah beberapa hari dijumpai adanya
  mikroorganisme . Hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk mendukung teori
  Abiogenesis karena dianggap mikroorganisme berasal dari …. . 
A.   
  air
  hujan 
B.    
  udara 
C.     muncul secara spontan 
D.    menempel di wadah 
E.     jerami. 
 | 
 |
| 
   
SKL 9  : Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan
  sains  
 | 
 |
| 
   
Indikator : Menjelaskan
  prinsip-prinsip penting pada evolusi. 
Konsep
  Esensial: 
Mekanisme evolusi  
1.     
  Seleksi alam dan Adaptasi 
2.     
  Bukti evolusi 
3.     
  Hukum Hardy Weinberg 
 | 
 |
| 
   
37 
 | 
  
   
Mampu mendeskripsikan
  petunjuka adanya evolusi berdasarkan contoh/gambar yang diberikan 
Perhatikan organ berikut ini 
1.  
  Rambut
  kepala 
2.  
  Rambut
  dada 
3.  
  Tulang
  ekor 
4.  
  Umbai
  cacing 
5.  
  Bulu
  mata 
Petunjuk evolusi
  dari alat tubuh yang tersisa pada manusia adalah … 
A.   
  1
  dan 2 
B.    
  1
  dan 5 
C.    
  2
  dan 3 
D.   
  2
  dan 5 
E.     3 dan 4. 
 | 
 
| 
   
Mampu mendeskripsikan mekanisme
  seleksi alam melalaui gambar yang diberikan 
Perhatikan gambar Biston betularia berwarna gelap
  dan berwarna terang berikut ini 
Pada kondisi  lingkungan gelap populasi Biston betularia berwarna gelap
  lebih lebih banyak dibandingkan Biston
  betularia berwarna terang. Fakta ini dapat menjelaskan  evolusi terjadi melalui mekanisme .... 
  | 
 |
| 
   
Mampu menerapkan hukum Hardy Weiberg
  berdasar kasus yang tersedia 
Apabila keseimbangan
  frekuensi gen dalam suatu populasi mengalami perubahan menurut Hardy-
  Weinberg dapat disebabkan disebabkan oleh beberapa hal. Pernyataan berikut
  ini yang bukan merupakan faktor yang menyebabkan perubahan tersebut
  adalah … 
A.   
  Terjadi bencana sehingga sebagian besar anggota populasi
  mati 
B.    
  Di datangkan banyak individu baru dari tempat lain 
C.     Terjadi
  kebocoran reaktor nuklir sehingga terjadi peningkatan paparan zat radio aktif. 
D.   
  Sifat tertentu dari populasi tersebut sangat disukai
  sehingga banyak anggta populasi yang diburu 
 | 
 |
| 
   
Perhatikan pernyataan
  yang menunjukkan  perbandingan beberapa
  organ berikut ini 
1)     
  sayap burung dan kaki depan
  kupu-kupu 
2)     
  kaki kadal dan kaki belalang 
3)     
  tangan manusia dan sayap
  kelelawar 
4)     
  telinga sapi dengan sungut
  jangkrik 
dari pernyataan
  tersebut yang dapat digunakan sebagai bukti adanya evolusi adalah .... 
A.   
  1 dan 3. 
B.   
  1 dan 4 
C.   
  2 dan 3 
D.   
  2 dan 4 
E.    
  3 dan 4 
 | 
 |
| 
   
Mampu mendeskripsikan mekanisme seleksi
  alam melalaui gambar yang diberikan 
Perhatikan gambar jerapah berikut ini 
Proses terbentuknya  leher panjang
  menurut Darwin adalah ... 
A.   daun posisinya makin
  tingggi sehingga leher jerapah memanjang 
B.    jerapah berleher pendek
  lebih mudah dimangsa oleh predatornya 
C.    jerapah
  berleher pendek gagal mendapatkan makanan sehingga mati dan musna. 
D.   Jerapah memang sudah
  diciptakan berleher panjang sejak semula 
E.    Jerapah berleher
  panjang nampak gagah sehingga lebih mudah mendapat pasangan 
 | 
 |
| 
   
SKL 10 : Menjelaskan
  prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menjelaskan prinsip
  dasar bioteknologi. 
Konsep
  Esensial: 
Prinsip dasar 
Kultur Jaringan 
Teknologi plasmid 
Teknologi hibridoma 
Transfer gen 
Pengklonaan dengan transfer inti 
Penerapan 
Kesehatan (vaksin, antibodi monoklonal, insulin) 
Pertanian (insektisida biologi, kultur jaringan) 
Pertambangan 
Dll 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
38 
 | 
  
   
Dengan diberikan kasus pencemaran pada proses penambangan logam siswa mampu
  menentukan produk  bioteknologi yang tepat untuk mengatasinya 
Kegiatan penambangan tembaga dan emas mempunyai
  potensi untuk mencemari lingkungan karena menghasilkan limbah yang sangat
  beracun untuk memisahkan kedua logam dari batuannya. Peran
  bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah .... 
A.   
  Menggantikan air raksa
  pelarut logam dengan air 
B.    
  Memanfaatkan
  bakteri Thiobacilus untuk
  memisahkan logam. 
C.    
  Memanfaatkan Bacillus thuringiensis untuk
  memilih batuan yang kadar logamnya tinggi logam 
D.   
  Mengembangkan teknologi Nano
  untuk mengubah sifat logam menjadi lebih menguntungkan 
E.     Merekayasa bakteri agar dapat memisahkan logam tanpa menggali
  batuannnya  
 | 
 |||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  satumasalah yang dihadapi manusia siswa mampu menyebutkan
  produk bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 
Salah satu musuh petani adalah hama tanaman yang menyerang tananman
  produksi. Untuk mengatasi hama maka dilakukan penyemprotan insektisida yang
  dapat berdampak buruk bagi ekosistem. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut
  dengan menggunakan pendekatan bioteknologi adalah memanfaatkan gen organisme
  tertentu untuk disisipkan pada tanaman. Organisme sebagai sumber gen  tersebut adalah …. 
A.    Thiobacillus
  sp 
B.     E.
  Coli 
C.     Penicilium
  notatum 
D.   
  Bacillus thuringiensis. 
E.     Sacharomyces
  cerviceae 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  beberapa contoh produk bioteknologi siswa mampu menyimpulkan  hubungan proses, produk dan manfaatnya bagi
  manusiayang benar 
Perhatikan
  tabel berbagai proses, produk bioteknologi yang peranannya bagi manusia
  berikut ini 
 
Hubungan
  proses, produk dan peranan yang benar ditunjukkan oleh pernyataan yang
  bernomor …. 
A.    1 dan 2 
B.    
  1 dan 3. 
C.     2 dan 3 
D.      3 dan 4 
E.     4 dan 5 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  satumasalah yang dihadapi manusia siswa mampu menyebutkan
  produk bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 
Para penderita Diabetes melitus (kencing manis) sangat
  membutuhkan suntikan insulin. Bioteknologi
  mampu menyediakan insulin dengan cepat dan murah dengan menggunakan tekhnik .... 
A.   
  Hibridoma, ekstraksi dari sel pankreas sapi 
B.    
  Teknologi
  Plasmid, menyisipkan gen insulin dalam plasmid bakteri. 
C.    
  Teknologi
  plasmid, mengambil plasmid bakteri yang mengandung insulin 
D.   
  Rekayasa
  genetika, mengubah gen sapi sehingga pankreasnya membesar 
E.       Rekayasa genetika, mengubah daging sapi sehingga memproduksi insulin 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  satumasalah yang dihadapi manusia siswa mampu menyebutkan
  produk bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 
Untuk menyembuhkan
  penyakit infeksi dapat dilakukan dengan pemberian antibodi yang spesifik
  terhadap penyakit tertentu. Untuk menghasilkan antibodi ini dapat dilakukan
  dengan  teknik .... 
  | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 10 : Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Indikator : Menjelaskan
  contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern. 
Konsep
  Esensial: 
Perkembangan Bioteknologi  
Bioteknologi konvensional 
Pengolahan makanan (tape, tempe,oncom dll) 
Obat 
Pemurnian logam 
Insektisida biologi 
Kultur jaringan 
Bioteknologi modern 
Teknologi Plasmid : insulin 
Teknik hibridoma 
antibodi monoklonal 
             Cloning 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
39 
 | 
  
   
Dengan diberikan beberapa produk bioteknologi konvensional atau modern
  siswa siswa mampu menganalisis jenis
  bioteknologi dan proses/prinsip yang digunakan 
Perhatikan beberapa produk bioteknologi berikut
  ini 
 
Pernyataan yang menunjukkan hubungan yang benar
  adalah ... 
A.   
  1 dan 2 
B.    
  1 dan 3. 
C.    
  2 dan 3 
D.   
  2 dan 4 
E.     3 dan 4 
 | 
 ||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan
  diberikan  contoh produk bioteknologi
  siswa mampu menjelaskan teknik bioteknologi
  yang digunakan  
Para penderita Diabetes melitus (kencing manis)
  sangat membutuhkan suntikan insulin. Untuk memenuhi kebutuhan insulin supaya
  cepat dan murah dapat diproduksi dengan tekhnik .... 
A.   
  Ekstraksi dari pankreas sapi 
B.    
  Memelihara sapi yang susunya
  mengandung insulin 
C.    
  Merekayasa bakteri
  untuk memproduksi insulin. 
D.   
  Membuat insulin sintesis
  dalam laboratorium 
E.    
  Merekayasa kacang yang
  mengandung insulin 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan
  contoh beberapa produk bioteknologi siswa mampu mengkategorikan
  contoh yang termasuk bioteknologi modern 
Perhatikan berbagai produk bioteknologi
  yang banyak digunakan masyarakat berikut ini 
1.  
  Tempe 
2.  
  Tauco 
3.  
  Semangka tanpa biji 
4.  
  Kedelai tahan hama 
Yang dapat dikategorikan sebagai hasil dari
  penerapan bioteknologi konvensional  adalah …. 
A.    1 dan 2. 
B.    
  1 dan 3 
C.    
  2 dan 3 
D.   
  2 dan 4 
E.    
  3 dan 4 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan beberapa produk bioteknologi konvensional atau modern
  siswa siswa mampu menganalisis jenis
  bioteknologi dan proses/prinsip yang digunakan 
Salah satu produk
  bioteknologi yang banyak memberikan manfaat dalam bidang kesehatan adalah
  antibiotik. Antibiotik sebenarnya adalah .... 
  | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
Dengan diberikan beberapa produk bioteknologi konvensional atau modern
  siswa siswa mampu menganalisis jenis
  bioteknologi dan proses/prinsip yang digunakan 
Susu segar merupakan bahan makanan yang mudah
  rusak dalam penyimpanan oleh karena itu banyak dilakukan pengolahan menjadi
  beberapa produk dengan memanfaatkan mikroorganisme. Pernyataan yang
  menunjukkkan hubungan anatara  jenis
  mikroorganisme dan produk yang dihasilkan dalam pengolahan susu adalah … 
A.  
  Penicilium camemberti –keju 
B.   
  Lactobacillus
  bulgaricus – keju. 
C.   
  Propionibacterium – mentega 
D.  
  Lactobacillus
  casei – yakult 
E.   
  sterptococcus
  thermophillus – yogurt 
 | 
 |||||||||||||||||||||
| 
   
SKL 10: Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi
  bioteknologi 
 | 
 |
| 
   
Indikator : Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi
  bagi masyarakat dan lingkungan. 
Konsep
  Esensial: 
 Dampak Bioteknologi  
tanaman
  transgenik 
Positif 
Negatif
  (erosi plasma nutfah, transfer gen, toksik / alergi dll) 
 | 
 |
| 
   
40 
 | 
  
   
Dengan diberikan kasus penerapan tanaman transgenik siswa mampu menjelaskan penyebabnya 
Pada perkebunan tomat transgenik yang mempunyai
  sifat daunnya tahan terhadap jenis serangga lepidoptera setelah 10 tahun
  ternyata mengakibatkan tanahnya mengalami penurunan kesuburan karena bakteri
  dan organisme tanah mati. Penyebab penurunan kesuburan tersebut disebabkan
  oleh .... 
A.   
  Penggunaan insektisida yang
  berlebihan 
B.    
  Penggunaan pupuk yang
  berlebihan 
C.    
  Perpindahan sifat
  resistensi dari daun ke akar 
D.   
  Kekurangan air karena tanaman
  membutuhkan banyak air 
E.    
  Tumbuh banyak gulma di
  sekitar tanaman 
 | 
 
| 
   
Dengan diberikan satu contoh kasus bioteknologi siswa mampu memperkirakan dampaknya bagi lingkungan. 
Berbagai jenis tanaman transgenik yang
  mempunyai sifat unggul sudah banyak ditanam sebagai tanaman perkebunan tetapi
  menimbulkan banyak kekawatiran dapat menimbulkan berbagai dampak. Dampak
  negatif penggantian tanaman lokal dengan 
  tanaman transgenik bagi keseimbangan lingkungan adalah …. 
      A. tanah pertanian mudah mengalami
  erosi 
      B. meningkatnya polusi udara oleh
  pestisida  
      C. populasi bakteri tanah meningkat
  drastis 
      D. berkurangnya
  keanekaragaman hayati. 
     
  E. meningkatnya populasi hama penyakit 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan satu kasus bioteknologi siswa mampu  menjelaskan
  kekawatiran yang muncul 
Tanaman kapas transgenik banyak ditolak untuk
  dikembangkan secara masal di perkebunan. Salah satu alasan penolakan tersebut
  adalah adanya gen resisten terhadap herbisida yang dimiliki tanaman kapas
  transgenik. Penolakan tersebut disebabkan karena adanya kekawatiran ..... 
A.   
  Produk yang menggunakan kapas
  transgenik dapat menimbulkan alergi 
B.    
  Pabrik herbisida akan
  bangkrut karena tidak dibutuhkan lagi 
C.    
  Mematikan tumbuhan lain yang
  tidak tahan herbisida 
D.   
  Mematikan hewan ternak yang
  tanpa sengaja memakan daunnya 
E.    
  Terjadi persilangan
  dengan tanaman liar sehingga muncul gulma tahan herbisida 
 | 
 |
| 
   
Mampu mendeskripsikan dampak  penerapan bioteknologi bagi kehidupan
  manusia 
Produk-produk makanan yang menggunakan bahan berasal dari organisme
  transgenik masih banyak ditolak oleh masyarakat . Alasan penolakan yang
  paling sesuai adalah ....  
A.    Mengandung
  mikroorganisme patogen baru yang lebih berbahaya 
B.     Mengandung
  protein asing yang bersifat toksik atau mengakibatkan alergi 
C.     Hibridasi/perkawinan
  tanaman transgenik dengan tanaman liar dapat memunculkan gulma yang sulit
  dibasmi 
D.    Harga produk lebih
  mahal dibandingkan produk non transgenik 
E.     Bentuk dan rasa yang
  lebih rendah dari pada produk non transgenik 
 | 
 |
| 
   
Dengan diberikan kasus penerapan tanaman transgenik siswa Mampu memperkirakan dampak yang akan terjadi 
Tanaman Jagung Bt mempunyai kemampuan tahan/resisten
  tehadap serangga. Sifat tahan serangga tersebut ternyata juga muncul pada
  serbuk sarinya. Serbuk sari tersebut dapat diterbangkan angin dan menempel
  pada daun-daun yang lain. Dampak negatif dari kejadian tersebut adalah .... 
A.   
  Mematikan serangga
  lain yang bukan target 
B.    
  Mencemari tanaman lain di
  sekitarnya 
C.    
  Mematikan tanaman lain
  disekitarnya 
D.   
  Menyerbuki bunga tanaman lain
   
E.    
  Menghasilkan jagung yang
  mengandung racun 
 | 
 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar