Senin, 23 Desember 2013

SKL Biologi SMA No 1-20


SKL 1: Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
Indikator : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
Konsep Esensial:
·      Objek Biologi : Makhluk hidup
1.      Ciri-ciri makhluk hidup
2.      Kelompok makhluk hidup (virus, monera, protista, fungi, plantae, animalia)
·      Permasalahan Biologi:
·      Tingkat organisasi : molekul-biosfer
·      Cabang-cabang ilmu biologi
1
Dengan diberikan ciri-ciri yang dimiliki salah satu objek biologi siswa mampu menentukan kingdomnya
Objek biologi adalah makhluk hidup yang dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Objek biologi   yang mempunyai ciri-ciri: merupakan makhluk hidup uniseluler , autotrof selnya bersifat eukariotik dikelompokkan ke dalam ....
  1. monera
  2. protista
  3. fungi
  4. animalia
  5. plantae
Dengan diberikan satu aktifitas organisme siswa dapat menyimpulkan ciri hidup yang dimiliki
Populasi tikus yang hidup di sawah bertambah banyak sehingga mengakibatkan kerusakan tanaman padi . Pertambahan populasi yang terjadi menunjukkan bahwa sebagai makhluk hidup tikus mempunyai ciri....
  1. tumbuh dan berkembang
  2. adaptasi
  3. reproduksi
  4. nutrisi
  5. metabolisme

Dengan diberikan satu contoh cabang biologi siswa dapat mengidentifikasi objek, permasalahan dan tingkat organsisasi yang menjadi kajian.
 Salah satu cabang biologi yang mengkaji objek hewan (manusia) adalah osteologi. Pernyataan pada tabel berikut ini yang benar berkaitan dengan  permaslahan dan tingkat organisasi ilmu  adalah….
Pilihan
Permasalahan
Tingkat organisasi
A
Makhluk hidup dan lingkungan
Organ
B
Makhluk hidup dan lingkungan
Jaringan
C
Struktur dan fungsi
Organ
D
Struktur dan fungsi
Jaringan
E
Struktur dan fungsi
Sel
                                                                                                                          
Dengan diberikan satu permasalahan yang dihadapi manusia siswa mampu mengidentifikasi cabang ilmu biologi yang dapat mengatasinya.
Banjir menjadi permasalahan yang dihadapi penduduk di beberapa wilayah Indonesia. Upaya mengatasi banjir memerlukan cabang ilmu Biologi yang mempunyai struktur keilmuan dengaan kajian pada tingkat organisasi ….
  1. molekuler
  2. sel dan jaringan
  3. Organ dan sistem organ
  4. Individu dan populasi
  5. Ekosistem
Dengan diberikan beberapa cabang ilmu biologi siswa mampu menghubungkan cabang ilmu biologi dan objeknya
Setiap cabang ilmu biologi mempunyai perbedaan objek dan permasalahan yang dikaji. Pilihlah pernyataan pada tabel berikut ini yang menunjukkan hubungan ilmu biologi dan objek yang dikaji dengan benar!
Pilihan
Cabang Biologi
Objek
A
Mikrobiologi
Virus dan tumbuhan
B
Botani
Monera dan tumbuhan
C
Zoologi
Protista dan hewan
D
Entomologi
Serangga
E
Pulmonologi
Monera dan hewan



SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator : Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.
Konsep Esensial:
Peran : Virus, Archaebacteria/ Eubacteria
·         Menguntungkan
·         Merugikan (Penyakit)
2






































Dengan diberikan gejala penyakit yang terjadi pada tanaman penyakit siswa mampu menyimpulkan  penyebabnya
Seekor ayam mengalami penyakit dengan gejala tidak dapat berjalan lurus dan sesekali berjalan sambil tubuhnya berputar-putar. Dari gejala penyakit tersebut dapat disimpulkan nama penyakit dan penyebabnya adalah ....
A.    Foot and mouth disease, virus
B.     New castle disease, virus
C.     Tungro, virus
D.    Antraks, bakteri
E.     Tetanus, bakteri
Dengan diberikan contoh peranan archaebacteria bagi manusia  siswa mampu mengidentifikasi siswa mampu eubacteria yang digunakan
Kotoran ternak selain dapat dimanfaatkan sebagai pupuk dapat juga dimanfaatkan menjadi energi alternatif dalam rumah tangga dengan diubah menjadi biogas. Proses pembuatan biogas melibatkan Archaebacteria yaitu …
  1. Metanobacterium
  2. Holobacterium
  3. Sulfobulus
  4. Thermoplasma
  5. Clostridium
Dengan diberikan beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit siswa mampu menghubungkan penyakit dan penyebabnya.
Banyak virus dan bakteri merupakan penyebab penyakit pada manusia. Pernyataan pada tabel berikut ini yang menunjukkan hubungan yang benar antara penyakit dan penyebabnya adalah....

Penyakit
Kelompok
Jenis
A.
Ebola
Virus
Pasteurella pestis
B.
TBC
Bakteri
Diplococcus pneumonia
C
Tetanus
Virus
Clostridium tetani
D
Sifilis
Bakteri
Treponema paledum
E
Tipus
Virus
Salmonella typhosa
Dengan diberikan gambar akar tanaman siswa mampu menghubungkan  jenis bakteri dan peranannya
Perhatikan gambar akar tanaman yang mengandung bakteri berikut ini

Bakteri tersebut mempunyai peranan...
  1. merugikan karena membusukkan akar
  2. merugikan karena mengurangi kemampuan akar menyerap unsur hara
  3. merugikan karena menghisap zat makanan dari akar
  4. menguntungkan karena membantu tanaman tahan terhadap hama
  5. menguntungkan karena meningkatkan kesuburan  tanah
Dengan diberikan contoh beberapa eubacteria siswa mampu mengidentifikasi  peranan yang sesuai
Perhatikan tabel bakteri dan peranannya berikut ini
No
Nama Bakteri
Peranan
1
Rhizobium leguminosarum
Pengikat nitrogen
2
Acetobacter xylinum
Pembuatan nata de coco
3
Streptococcus pneumonia
Pembuatan antibiotik
4
Pseudomonas denitrificans
Mengubah nitat menjadi nitrit
5
Lactobacillus bulgaricus
Pembuatan keju
6
Metanobacterium
Penghasil biogas

Hubungan antara jenis bakteri dan peranannya yang benar ditunjukkan oleh ..
  1. 1, 2 dan 4
  2. 1, 2 dan 6
  3. 2, 3 dan 5
  4. 2, 4 dan 6
  5. 3, 4 dan 5





SKL 2:  Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator:  Mengidentifikasi ciri-ciri/peran organisme dari kelompok protista/jamur.
Konsep Esensial
Ciri –ciri!!!!
Protista
·  Menyerupai hewan/protozoa: (Ciri, Klasifikasi, Reproduksi,peran)
·  Menyerupai tumbuhan (ciri, klasifikasi, peran)
·  Menyerupai jamur
Fungi
·      Ciri-ciri (hifa, spora seksual)
·      Klasifikasi
Buku SPM BIOLOGI halaman : 15 – 23
3
Dengan diberikan gambar spora seksual jamur siswa  siswa mampu menyimpulkan  divisionya
Perhatikan gambar spora seksual dan jenis hifa yang dimiliki fungi berikut ini

Berdasarkan spora seksual yang teramati dapat disimpulkan bahwa jamur tersebut termasuk  divisio …
A.    Zygomycota
B.    Ascomycota
C.    Basidiomycota
D.    Deuteromycota
E.     oomycota

Dengan diberikan beberapa ciri organismo siswa mampu mengidentifikasi ciri fungí
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut ini
1)      tubuh tersusun dari sel-sel yang bersifat prokariotik
2)      mempunyai dinding sel yang tersusun dari zat kitin
3)      memperoleh makanan secara hetrotrof
4)      pencernaan berlangsung secara eksternal
5)      tersusun atas benang-benang myselium yang membentuk hifa
Ciri-ciri yang merupakan ciri fungi adalah ....
A.   1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5
C.    2, 3 dan 4
D.   2, 3 dan 5
E.    3, 4 dan 5

Dengan diberikan gambar contoh algae siswa mampu mengidentifikasi ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar salah satu algae berikut ini

Pigmen dominan yang dimiliki oleh algae tersebut adalah …
A.   Klorofil
B.    Fukosantin
C.    Fikosianin
D.   Fikoeritrin
E.    Santofil
Dengan diberikan gambar contoh protista siswa  mampu mengidentifikasi  organela dengan fungsi tertentu
Perhatikan gambar salah satu contoh protista berikut ini

Organel sel protozoa yang berfungsi untuk mengatur tekanan osmotik sel dan pembelahan sel secara berurutan ditunjukkan oleh bagian yang bernomor ...
A.   2 dan 5
B.    3 dan 1
C.    4 dan 1
D.   4 dan 2
E.    5 dan 3
Dengan diberikan satu kasus siswa siswa mampu mengidentifikasi protista penyebabnya
Seseorang mengalami diare dan oleh dokter diidentifikasi telah terjadi infeksi oleh protozoa di dalam usus halusnya. Protozoa yang menyebabkan diare tersebut kemungkinan adalah ....
  1. Entamoeba histolytica
  2. Entaomeba gingivalis
  3. Leishmania donovani
  4. Euglena viridis
  5. Paramaecium caudatum




SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator :  Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
Konsep Esensial:
·      Dasar klasifikasi (persamaan dan keragaman)pada tingkat takson tertentu
·      Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik
·      Aturan penulisan nama spesies

4
Dengan diberikan contoh 2 kelompok mikroorganisme siswa mampu menjelaskan dasar perbedaan pengelompokannya
Protozoa dan bakteri merupakan organisme  1 sel tetapi  merupakan anggota kingdom yang berbeda. Ciri yang menjadi dasar pembedaanya adalah ....
A.    cara memperoleh makanan
B.    alat gerak
C.    dinding sel
D.    membran inti sel
E.     cara reproduksi

Dengan diberikan klasifikasi pada tingkat takson tertentu siswa dapat menyimpulkan kedekatan hubungan kekerabatannya

Perhatikan tabel berikut ini
Hewan
Phylum
Ordo
Kelas
W
Chordata
Squamata
Reptilia
X
Chordata
Rodentia
Mamalia
Y
Chordata
Squamata
Reptilia
Z
Chordata
Insectivora
Mamalia

Berdasarkan tabel tersebut hewan yang mempunyai persamaan ciri paling banyak dengan ular  adalah...
A.    W dan X
B.     W dan Y
C.     X dan Y
D.    X dan Z
E.     Y dan Z
Dengan diberikan tingkat takson tertentu siswa mampu membedakan ciriyang dimiliki
Dalam klasifikasi 5 dunia Jamur tidak lagi dianggap sebagai bagian dari kingdom Plantae karena keduanya memiliki perbedaan ciri yang mencolok. Ciri Jamur yang membedakan  dengan Tumbuhan adalah ....
  1. Memperoleh makanan secara heterotrof
  2. Memperoleh makanan secara autotrof
  3. Memiliki dinding sel
  4. Dapat melakukan fotosintesis
  5. Bersifat parasit
Dengan diberikan gambar diagram filogenik siswa mampu mengidentifikasi hubungan kekerabatannya.
Perhatikan diagram filogenik hewan berikut ini

Diantara pasangan hewan berikut ini yang mempunyai hubungan kekerabatan paling dekat adalah..
  1. Echinodermata dan annelida
  2. Plathelminthes dan Cordata
  3. Annelida dan Arthropoda.
  4. Chordata dan arthropoda
  5. Nemathelminthes dan annelida
Siswa mampu menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup
Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah adanya persamaan dalam perbedaan ciri-ciri yang dimiliki. Ciri yang digunakan sebagai dasar klasifikasi makhluk hidup adalah ciri ...
  1. Habitat
  2. Perilaku
  3. Cara reproduksi
  4. Struktur tubuh
  5. Fisiologi





SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator : Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
Konsep Esensial:
·      pelestarian keanekaragaman hayati : jenis/cara dan tujuannya
( insitu-eksitu, Taman nasional, Cagar alam dan suaka margasatwa, Kebun binatang, kebun koleksi dll)
·      Ancaman terhadap keanekaragaman hayati

5
Dengan diberikan satu contoh upaya pelestarian sumber daya alam hayati, siswa mampu menjelaskan tujuan upaya pelestarian tersebut
Upaya pelestarian sumber daya alam hayati diantaranya dengan membuat kebun koleksi misalnya kebun koleksi buah di Cibinong, kebun koleksi kelapa di Bone. Tujuan utama dari pengembangan kebun koleksi adalah….
A.    Memproduksi buah dalam jumlah besar
B.     Meningkatkan industri pariwisata
C.     Melindungi plasma. nutfah
D.    Mencegah erosi pada musim hujan
E.     Memperbaiki ekosistem
Dengan diberikan rumusan tujuan konservasi siswa mampu menentukan upaya konservasi yang sesuai
Beberapa kawasan yang  mempunyai ekosistem yang asli dan unik sehingga sangat potensial digunakan untuk penelitian dan pendidikan. Upaya pelestarian sumber daya alam hayati dikawasan tersebut yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah dengan menetapkannya sebagai ….
A.    Kebun koleksi
B.     Taman nasional
C.     Suaka margasatwa
D.    Kebun raya
E.     Cagar alam
Dengan diberikan beberapa ciri upaya pelestarian sumber daya alam hayati siswa mampu mendeskripsikan ciri upaya pelestarian tertentu
Perhatikan pernyataan-pernyataan yang  berkaitan upaya pelestarian sumber daya alam hayati berikut ini
1.      Merupakan konservasi insitu
2.      Terdiri dari kumpulan  tumbuhan
3.      Melestarikan plasma nutfah organisme tertentu
4.      Dimanfaatkan untuk rekreasi
Konservasi berbentuk Kebun Raya mempunyai karakteristik....
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4
Dengan diberikan ciri suatu kawasan siswa mampu menyimpulkan bentuk upaya pelestariannya
Suatu kawasan memiliki jenis satwa yang unik dan sangat memerlukan perlindungan agar kelestariannya tetap terpelihara. Upaya yang tepat untuk pelestarian/konservasinya adalah dengan menetapkannya menjadi … .
A.       Taman Nasional
B.        Suaka. Margastwa
C.        Cagar Alam
D.       Kebun Raya
E.        Kebun Binatang

Siswa mampu  menyimpulkan kelebihan bentuk upaya pelestarian tertentu
Konservasi beberapa jenis organisme langka dilakukan dihabitat asalnya (insitu). Kelebihan konservasi insitu dibandingkan dengan konservasi eksitu adalah ...
  1. Memungkinkan untuk mengamati perkembangan jumlah populasinya dengan lebih mudah
  2. Tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga lebih mudah dilaksanakan
  3. Tidak membutuhkan proses adaptasi sehingga kemungkinan mengalami kegagalan. kecil
  4. Tempat bisa dipindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan lahan
  5. Memudahkan pengamatan sehingga dapat dijadikan objek wisata







SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
Konsep Esensial:
Ciri-ciri:
·      Tumbuhan lumut
·      Tumbuhan paku
·       Tumbuhan berbiji (spermatophyta)

6
















































Dengan diberikan beberapa ciri makhluk hidup siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut ini
1)      Tubuh tersusun atas sel Eukariotik  multiseluler
2)      Sel tersusun atas sel  Prokariotik uniseluler
3)      Dinding sel tersusun dari zat kitin
4)      Dinding sel tersusun dari zat selulose
5)      Memperoleh makanan secara autotrof
6)      Memperoleh makanan secara heterotrof
Tumbuhan (plantae) mempunyai ciri-ciri yang ditunjukkan oleh nomor ....
A.    1, 3 dan 5
B.    1, 3 dan 6
C.    1. 4 dan 5
D.    2, 3 dan 6
E.     2, 4 dan 5
Dengan diberikan ciri-ciri tumbuhan lumut dan paku  siswa mampu membandingkan  ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan lumut dan paku
Perhatikan tabel ciri-ciri tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (pteridophyta) berikut ini
No
Ciri-ciri
Bryophyta
Pteridophyta
1
Struktur tubuh
Dapat dibedakan akar, batang dan daun
Tidak dapat dibedakan akar, batang dan daun
2
Pembuluh angkut
Belum memiliki
Berupa xilem dan floem
3
Fase dominan
gametofit
sporofit
4
Metagenesis
Tidak sempurna
sempurna
 Perbedaan tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang benar ditunjukkan oleh ....
A.    1 dan 2
B.     1 dan 4
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4
Dengan diberikan struktur tumbuhan paku/lumut siswa dapat menjelaskan fase tumbuhan gambar skema siklus hidup tumbuhan lumut/paku siswa mampu mengidentifikasi fase-fasenya  
Perhatikan struktur tumbuhan paku berikut ini

Pernyataan tentang X dan Y pada tabel berikut ini yang benar adalah...

X
Y
A
Batang
akar
B
Batang
rhizoma
C
Daun
akar
D
daun
batang
E
Rhizoma
akar






Dengan diberikan gambar struktur organ yang dimiliki siswa mampu menyimpulkan nama kelompok tumbuhannya.
Perhatikan  struktur organ tumbuhan  berikut ini !

Tumbuhan yang memiliki organ tersebut termasuk dalam kelompok...
A. Monokotil
B.  Dikotil
C.  Gymnospermae
D. Pterydophyta
E.  Bryophyta

Dengan diberikan tabel perbedaan ciri tumbuhan gymnospermae dan angiospermae siswa mampu mengidentifikasi perbedaan ciri yang benar
Tumbuhan berbiji (spermatophyta) dibedakan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Dasar pengelompokkan pada tabel berikut ini yang benar adalah ....

Gymnospermae
Angiospermae
A
Batang  tidak bercabang
Batang bercabang
B
Biji berkeping tunggal
Biji berkeping ganda
C
Biji terbungkus endosperm
Biji terbungkus buah
D
Bakal biji tidak terbungkus daun buah
Bakal biji terbungkus daun buah
E
Sistem perakaran serabut
Sistem perakaran tunggang






SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator : Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
Konsep Esensial:
·         Siklus hidup invertebrata
·         Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes, annelida, Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)

7


























































Dengan diberikan gambar hewan invertebrata siswa mampu menyebutkan cara reproduksinya

Perhatikan gambar salah satu hewaan coelenterata berikut ini

Hewan tersebut bereproduksi secara vegetatif dengan cara...
A.    Membelah diri
B.     Membentuk tunas
C.     Fragmentasi
D.    Spora
E.     Konjugasi
Dengan diberikangambar beberapa hewan invertebrate siswa siswa mampu mengidentifikasi hewan yang mempunyai kemampuan regenerasi tubub paling besar
Salah satu hewan invertebrate mempunyai daya regenerasi yang besar sehingga apabila dipotong masih dapat tumbuh kembali menjadi individu yang lengkap. Hewan yang mempunyai kemampuan tersebut adalah ….
A.    Obelia sp
B.     Taenia sp
C.     Planaria sp.
D.    Lumbricus sp
E.     Acatina sp
Dengan diberikan  gambar siklus hidup salah satu jenis cacing, siswa mampu mengidentifikasifase-fase reproduksinya
Perhatikan siklus hidup Cacing pita (Taenia saginata) berikut ini

Reproduksi seksual dan aseksual secara berurutan terjadi pada bagian yang ditunjukkan bagian yang bernomor ...
A.    2 dan 5
B.     3 dan 1
C.     3 dan 4
D.    4 dan  3
E.     4 dan 5


Dengan diberikan  gambar salah satu hewan molusca siswa mampu mengidentifikasi cara reproduksinya
Perhatikan gambar hewan Molusca berikut ini

Sifat reproduksi secara seksual yang dimiliki oleh hewan tersebut adalah ....
A.    Hermafrodit dan tidak bisa fertilisasi sendiri
B.     Hermafrodit dan bisa fertilisasi sendiri
C.     Hermafrodit dan kadang-kadang dapat fertilisasi sendiri
D.    Ada hewan jantan dan betina
E.     Partenogenesis
Dengan diberikan siklus hidup hewan tertentu siswa Mampu mendeskripsikan fase-fase reproduksinya
Perhatikan gambar skema siklus hidup Aurelia berikut ini

Pernyataan pada tabel berikut yang menjelaskan fase dan kemampuan reproduksinya  bagian yang ditunjuk oleh X adalah ...

Fase
Kemampuan reproduksi
A
polip
Seksual
B
Polip
Aseksual
C
medusa
Seksual.
D
medusa
Aseksual
E
medusa
Seksual dan aseksual


 
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
Konsep Esensial:
Ciri-ciri:
·      filum vertebrate
·      kelas anggota vertebrata

8

















































Dengan diberikan beberapa contoh hewan vertebrata, siswa mampu mengidentifikasi persamaan  ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar beberapa hewan  berikut ini

Hewan dapat dikelompokkan dalam satu tingkat takson yang sama karena mempunyai persamaan ....
A.    mempunyai tulang belakang
B.     mempunyai jantung
C.     peredaran bersifat darah tertutup
D.    bernafas dengan paru-paru
E.     mempunyai alat gerak
Dengan diberikan gambar contoh hewan invertebrata siswa mampu membandingkan ciri-cirinya
Perhatikan gambar beberapa hewan vertebrata berikut ini

Hewan yang mempunyai ciri ovipar dan berdarah panas (Homoioterm) adalah ...
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
Dengan diberikan 2 contoh hewan invertebrata siswa mampu membandingkan persamaan ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar 2 hewan vertebrata yang dapat terbang berikut ini



Peryataan berikut ini yang bukan persamaan yang dimiliki kedua hewan terebut adalah ...
A.    Bertulang belakang
B.     Reproduksi secara Ovipar
C.     Jantung terbagi menjadi 4 ruang
D.    Homoioterm
E.     Bernafas dengan paru-paru
Dengan diberikan contoh filum hewan invertebrata, siswa mampu mengelompokkan persamaan dan perbedaan cirinya
Perhatikan gambar hewan vertebrata berikut ini


Hewan tersebut dikelompokkan kedalam kelas Amphibia karena...
A.    Reproduksinya secara ovipar dan fertilisasi internal
B.     Jantung mempunyai 3 ruang
C.     Bernafas dengan insang dan paru-paru
D.    Suhu tubuh berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungan
E.     Mempunyai 2 fase yang hidup di habitat berbeda
Dengan diberikan contoh filum vertebrata, siswa mampu mengelompokkan persamaan dan perbedaan ciriny
Perhatikan gambar 2 contoh hewan vertebrata berikut ini


A
B
Perbedaan ciri kedua hewan pada tabel berikut ini yang benar adalah .....

Hewan A
Hewan B
A
Memiliki 3 ruang jantung
Memiliki 4 ruang jantung
B
Bersifat poikiloterm
Bersifat homeoterm
C
Peredaran darah terbuka
Peredaran darah tertutup
D
Ovivar
ovovivivar
E
Bernafas dengan paru-paru
Bernafas dengan gelembung udara






SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, per/ubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Indikator : Menganalisis hubungan antar komponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
Konsep Esensial:
Interaksi:
·      Jaring-jaring makanan , tingkat trofi dan aliran energi
·      Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi)

9
Dengan diberikan jarring-jaring makanan siswa dapat menentukan nichia (relung) hewan yang ditunjuk

Perhatikan skema jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem berikut ini !

     .
Organisme-organisme yang secara potensial berinteraksi secara kompetisi karena mempunyai nichia (relung) yang sama adalah .....
A.    Burung pipit dan elang
B.     Katak dan tikus
C.     Belalang. dan tikus
D.    Ulat dan katak
E.     Burung pipit dan tikus

Dengan diberikan gambar interaksi 2 organisme  siswa mampu mengidentifikasi jenis interaksi yang terjadi.
Perhatikan gambar tanaman yang  merambat pada tanaman berikut ini!

Berdasarkan ciri interaksi yang dapat diamati dapat disimpulkan diantara kedua tumbuhan terjadi interaksi ….
  1. Netral
  2. Kompetisi
  3. Parasitisme
  4. Mutualisme
  5. Komensalisme

Mampu menjelaskan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem
Komunitas dalam suatu ekosistem membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas kehidupannya. Prinsip perpindahan energi dalam suatu ekosistem adalah .....
  1. Terjadi siklus energi melalui rantai makanan
  2. Hanya melibatkan komponen biotik
  3. Dibangkitkan oleh aktifitas  dekomposer membusukkan sisa organisme dan berakhir pada proses fotosintesis
  4. Berawal dari penangkapan energi matahari oleh produsen dan berakhir pada dekomposer
  5. Produsen merupakan sumber utama energi dan beredar melalui rantai makanan kemudian akan kembali lagi ke produsen melalui proses fotosintesis
Dengan diberikan jaring-jaring makanan siswa mampu menganalisis aliran energi pada ekosistem tersebut.
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan yang terjadi pada suatu ekosistem berikut ini !

Komunitas yang mempunyai energi tertambat dengan jumlah paling kecil adalah  ...
A.    ulat
B.     belalang
C.     pohon
D.    ayam
E.     elang

Mampu menjelaskan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem
Komunitas dalam suatu ekosistem membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas kehidupannya. Prinsip perpindahan energi dalam suatu ekosistem adalah .....
  1. Terjadi siklus energi melalui rantai makanan
  2. Hanya melibatkan komponen biotik
  3. Dibangkitkan oleh aktifitas  dekomposer membusukkan sisa organisme dan berakhir pada proses fotosintesis
  4. Berawal dari penangkapan energi matahari oleh produsen dan berakhir pada dekomposer
  5. Produsen merupakan sumber utama energi dan beredar melalui rantai makanan kemudian akan kembali lagi ke produsen melalui proses fotosintesis




SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.

Indikator : Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
Konsep Esensial:
·      Siklus biogeokimia:
1. nitrogen,
2. karbon/oksigen
3. phosphor
4. sulfur
5. air

10


Dengan diberikan gambar skema siklus nitrogen siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi.
Perhatikan  skema daur nitrogen berikut ini!

Proses X dan hasil Y secara urut adalah ….
  1. Fiksasi dan nitrit
  2. Fiksasi dan. nitrat
  3. Amonifikasi dan amonia
  4. Denitrifikasi dan nitrat
  5. Denitrifikasi dan gas nitrogen

Dengan diberikan gambar skema siklus karbon siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi

                                                                                                                                                   
Proses respirasi dan pembusukan secara urut di tunjukkan oleh bagain yang bernomor….

  1. 1 dan 3
  2. 2 dan 4
  3. 2 dan 5
  4. 3 dan 5
  5. 4 dan 3


Dengan diberikan gambar skema siklus phospat siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi

Perhatikan Daur Posfat berikut  ini!
                    
                          Hujan


                                                                     Pelapukan batuan
                                                                     Karena cuaca
        tumbuhan



   Hewan                                  Posfat                      Posfat
                                             dalam tanah                di lautan


                                                                               biota
                              
                 Dekomposer                                          detritus
                                                                              
                                                                            
                                                                              sedimentasi
Dari skema tersebut dapat disimpulkan bahwa daur fosfat di ekosistem berlangsung tidak sempurna karena….
A.    Tidak melibatkan matahari
B.    Beredar melalui rantai makanan
C.    Berasal dari batuan akhirnya tertumpuk. di lautan
D.    Hanya melibatkan proses kimia tanpa melibatkan proses biologi
E.     Hanya tumbuhan yang dapat memanfaatkan secara langsung
Dengan diberikan gambar skema siklus oksigen siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi

Perhatikan skema daur oksigen berikut ini

Bagian yang ditunjuk oleh X dan Y secara berurutan adalah ….
A.    Pembusukan dan respirasi
B.    Pembusukan dan fotosintesis
C.    Respirasi dan fotosintesis
D.    Respirasi dan pembusukan
E.     Fotosintesis dan respirasi
Dengan diberikan gambar skema siklus sulfur siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi

Perhatikan gambar daur sulfur berikut ini!

Pernyataan berikut ini yang tidak benar berkaitan dengan daur sulfur adalah…

A.    sulfur digunakan oleh tumbuhan dalam bentuk  ion SO­­42-
B.    sumber unsur sulfur alami adalah hasil pembusukan sisa organism
C.    untuk meningkatkan kadar sulfur dalam tanah dapat dilakukan pemupukan
D.    hujan asam akibat pembakaran batu bara dapat meningkatkan kadar sulfur dalam tanah
E.     petir dapat membantu reaksi pembentukan ion. SO­­42-   






SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.

Indikator : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan  manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan
Konsep Esensial:
·      Pencemaran lingkungan (cfc, hujan asam, efek rumah kaca, CO)
·      Eutrofikasi
·      Dampak perubahan lingkungan karena kegiatan manusia

11
Dengan diberikan contoh aktifitas dalam dunia pertanian siswa mampu memprediksikan dampak yang mungkin terjadi
Untuk meningkatkan hasil pertanian salah satu langkahnya adalah pembasmian hama dengan menggunakan DDT. Akibat penggunaan DDT bagi keseimbangan ekosistem adalah ...
  1. Terjadi penumpukan di lingkungan karena DDT tidak cepat terurai kembali
  2. Matinya organisme lain yang tidak bersifat hama
  3. Apabila dosisnya tidak tepat DDT juga akan meracuni tanaman pertanian
  4. Mengakibatkan mutasi sehingga dapat menghasilkan keturuan yang cacat
  5. Mengakibatkan resistensi sehingga semakin lama dibutuhkan dosis yang semakin tinggi
Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
Pertambangan emas sangat berpotensi mencemari lingkungan dalam skala luas dan memberikan dampak dalam jangka panjang. Dalam proses penambangan emas bahan berbahaya yang digunakan adalah ....
A.    HCL
B.     Mercuri
C.     Timbal
D.    DDT
E.     CFC

Dengan diberikan proses perubahan tataguna air siswa mampu mengidentifikasi penyebabnya
Di beberapa wilayah perkotaan air tanahnya berubah menjadi asin sehingga tidak dapat dikonsumsi lagi. Penyebab kerusakan air tanah ini adalah ....
  1. Pembuangan limbah oleh industri
  2. Pengambilan air tanah yang berlebih
  3. Industri garam yang dilakukan disekitar pantai
  4. Berkembangnya bakteri yang menguraikan garam dari batuan
  5. Rusaknya hutan bakau
Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap gejala efek rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi (Global Warmingyang diperkirakan dapat mengakibatkan beberapa bencana alamUpaya untuk mencegah gejala tersebut adalah mengurangi … .
A.    Emisi ozon
B.    Emisi karbon (CO2)
C.    penggunaan CFC
D.    Penggunaan O2
E.     Penggunaan kaca pada gedung bertingkat

Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya

Pertumbuhan enceng gondok di beberapa bendungan atau danau sulit untuk dikendalikan sehingga menutupi sebagian besar permukaan air danau atau bendungan. Salah satu penyebab gejala tersebut   adalah terjadinya eutrofikasi yang disebabkan oleh  ….
A.    Sedimentasi lumpur dari aliran sungai
B.    Penggunaan pestisida yang berlebih sehingga mematikan pemakan enceng gondok
C.    Penggunaan pupuk berlebih sehingga perairan menjadi sangat subur.
D.    Pencemaran air sehingga ikan mati dan tidak ada pemangsa enceng gondok
E.     Pencemaran usaha pertamanan sehingga biji enceng gondok masuk ke perairan






           

SKL 4: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
Indikator : Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
Konsep Esensial:
·      Struktur, Komponen, proses pada Membran sel
·      Proses transport melalui membrane
·      Komponen protoplasma
12
Dengan diberikan gambar membran sel siswa mampu mengidentifikasi  sifat bagian yang ditunjuk
Perhatikan gambar membran sel berikut ini

Untuk mempertahankan stabilitas membran sel dalam lingkungan air bagian X dan Y secara berurutan bersifat ....
A.    Hidrofobik- hidrofobik
B.     Hidrofobik - hidrofilik
C.     Hidrofilik – hidrofilik
D.    Hidrofilik- hidrofobik
E.     Hidrofobik/hidofilik - hidrofobik

Dengan diberikan gambar model membrane sel siswa dapat menjelaskan
Perhatikan gambar membrane sel berikut ini!

Komponen membran sel yang tersusun atas protein dan glikolipid secara urut adalah ....
A.    1 dan 3
B.     1 dan 4
C.     2 dan 3
D.    2 dan 5
E.     3 dan 5

Dengan diberikan kasus transport zat siswa mampu menganalisis komponen yang terlibat proses osmosis
Perhatikan gambar perubahan yang terjadi 2 cairan yang dipisahkan membran berikut ini

Penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut pada tabel berikut ini yang benar adalah....

X
Y
M
A
hipertonis
hipotonis
permeabel
B
hipertonis
hipotonis
semipermeabel
C
hipotonis
hipertonis
permebel
D
hipotonis
hipertonis
semipermebel
E
isotonis
isotonis
semipermebel



Dengan diberikan kasus plasmolisis siswa mampu menjelaskan proses yang terjadi
Perhatikan gambar perubahan yang terjadi pada sel  berikut ini

Penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut adalah ...
  1. Sel hewan direndam dalam akuades sehingga mengalami turgid
  2. Sel hewan direndam dalam  larutan gula 10 % mengalami krenasi`
  3. Sel tumbuhan direndam dalam akuades sehingga mengalami turgid
  4. Sel tumbuhan direndam dalam larutan garam 10% sehingga mengalami plasmolisis
  5. Sel tumbuhan  direndam dalam akuades sehingga ,mengalami krenasi

Dengan diberikan beberapa karakteristik pengangkutan melalui membrane siswa mampu mengidentifikasi sifat transport aktif
Perhatikan pernyataan yang berkaitan dengan pengangkutan zat melalui membran sel berikut ini!
1)      Berlangsung secara spontan
2)      Tidak membutuhkan energi
3)      Membutuhkan energi
4)      Memindahkan zat dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi
5)      Memindahkan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah
Pernyataan yang merupakan ciri transport aktif adalah…
A.          1 dan 4
B.          2 dan 3
C.          2 dan 5
D.          3 dan 4
E.           4 dan 5







SKL 4:  Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
Indikator :  Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
Konsep Esensial:
·      Karakteristik organela – fungsi
·      Gambar organela-fungsi
·      Beda sel hewan dan tumbuhan

13

Dengan diberikan cirri-ciri organel sel siswa mampu mampu menjelaskan proses/ fungsi organel
Perhatikan ciri-ciri organel berikut ini
  • Kantong bulat
  • Berisi enzim oksidatif dan katalase
Fungsi organel tersebut adalah ....
A.    Mensintesis protein sitoplasmik
B.     Mensintesis protein membrani
C.     Menghancurkan organel sel sendi
D.    Detokfikasi
E.     Menetralkan hidrogen peroksida

Dengan diberikan fungsinya siswa mampu mengidentifikasi organel sel/bagian sel yang terlibat
Salah satu fungsi inti sel (nukleus) adalah  tempat penyimpanan informasi genetika. Bagian nukleus yang melaksanakan fungsi tersebut adalah ….
A.    Membran inti
B.     Cairan inti (nukleoplasma)
C.     Nukleolus
D.    Kromatin
E.     Seluruh bagian nukleus

Siswa mampu mendeskripsikan bahan organik penyusun bagian tertentu dari sel
Sel tersusun atas komponen organik berupa karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat. Apabila dilakukan analisis bagian sel yang paling banyak mengandung asam nukleat adalah ...
A.    Membran sel
B.     Dinding sel
C.     Sitoplasma
D.    Inti sel (nukleus)
E.     Retikulum Endoplasma

Dengan disajikan gambar sel siswa mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel
Perhatikan gambar sel berikut ini !

Organel sel yang berfungsi memproses substansi yang akan dikeluarkan sel dan mengemasnya dalam vesikel ditunjukkan oleh nomor … .
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.     5
Dengan disajikan beberapa macam organel sel siswa dapat membandingkan organel yang dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan
Berikut ini adalah beberapa bagian yang terdapat dalam sel
1)      Nukleus
2)      Plastida
3)      Sentriol
4)      Vakuola
5)      Retikulum Endoplasma
Bagian sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan dan tdak dimiliki sel hewan adalah ....
A.    1 dan 2
B.    2 dan 3
C.    2 dan 4
D.    3 dan 4
E.     3 dan 5














SKL 4: Mengidentifikasi  struktur dan fungsi organel seltumbuhan/hewan.
Indikator Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
Konsep Esensial:
Organ tumbuhan
·      Jaringan hewan dengan fungsinya
·      Jaringan tumbuhan dengan fungsinya
·      Organ dengan melihat jaringan penyusunnya

14
Dengan diberikan gambar contoh jaringan hewan siswa mampu menunjukkan hubungan fungsi dari struktur tersebut

Perhatikan gambar  jaringan hewan berikut ini

Jaringan tersebut berfungsi....
  1. Melakukan gerak ritmis.
  2. Melakukan gerak disadari
  3. Melindungi organ tubuh yang lunak
  4. Penguat organ tubuh yang lain
  5. Melakukan fungsi koordinasi
Dengan diberikan Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi jaringan hewan berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan

Perhatikan tabel hubungan antara jenis jaringan hewan  dan fungsinya berikut ini
No
Nama Jaringan
Fungsi
1
Epitel
pelindung
2
lemak
pertumbuhan
3
Otot polos
Gerak aktif
4
Tulang rawan
Pelindung organ
5
Saraf
koordinasi
Hubungan jenis jaringan dan fungsinya yang benar ditunjukkan oleh ....
  1. 1 dan 3
  2. 1 dan 5
  3. 2 dan 4
  4. 3 dan 5
  5. 4 dan 5

Dengan diberikan gambar contoh org an tumbuhan siswa mampu menghubungakan bagian yang ditunjuk dan fungsinya

Perhatikan gambar penampang melintang organ tumbuhan berikut ini

Pernyataan yang benar berkaitan dengan bagian yang ditunjuk oleh X adalah ....
A.    Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah.
B.     Xilem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun
C.     Floem berfungsi mengangkut air dan mineral dari tanah
D.    Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke daun
E.     Kambium gabus berfungsi untuk pertumbuhan sekunder
Dengan diberikan gambar contoh org an tumbuhan siswa mampu menghubungakan bagian yang ditunjuk dan fungsinya
Perhatikan gambar struktur potongan melintang melintang batang monokotil pada bagian berkas pengangkut  berikut ini
5
4
3
2
1
                                  

Untuk mengangkut air/mineral dari tanah dan hasil fotosintesis secara berurutan digunakan struktur yang ditunjukkan oleh nomor ...
  1. 1 dan 3
  2. 1 dan 5
  3. 2 dan 3
  4. 3 dan 2
  5. 4 dan 2
Dengan diberikan ciri-ciri jaringan siswa mampu menyimpulkan nama jaringannya
Seorang siswa mengamati sekelompok sel dan mendapatkan ciri-ciri sebagai berikut :
  • jarak antar sel tidak terlalu rapat sehingga nampak adanya rongga antar sel
  • sel berukuran relatif besar, berbentuk menyerupai segi enam, dan berdinding sel tipis
berdasarkan identifikasi hasil pengamatan tersebut jaringan yang sedang diamati adalah ....
A.    epidermis
B.    parenkim
C.    kolenkim
D.    sklerenkim
E.     floem












SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.

Indikator: Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
Konsep Esensial:
Sistem Gerak
·      Jenis persendian
·      Mekanisme Gerak  antagonis dan sendi yang terlibat
·      Gangguan dan Penyakit

15
Dengan diberikan gambar  skematis persendian siswa mampu menyimpulkan nama persendiyang dibentuk
Perhatikan gambar persendian berikut ini

Persendian yang ditunjukkan oleh X adalah persendian….
A.    Engsel
B.    Pelana
C.    Luncur
D.    Putar
E.     Peluru

Mampu menjelaskan gerak/macam gerak pada manusia
Manusia mempunyai beberapa pasang gerakan yang berlawanan (antagonis). Pada saat seseorang mengunyah makanan dengan mulutnya melakukan pasangan gerakan antagonis
  1. Fleksi–ekstensi
  2. Adduksi-abduksi
  3. Elevasi-depresi
  4. Supinasi-pronasi
  5. Inversi-eversi

Dengan diberikan gambar salah satu gerakan  siswa dapat menjelaskan mekanisme gerak yang terjadi
Perhatikan gambar gerakan pada alat gerak bagian atas manusia berikut ini

Pernyataan yang benar berkaitan dengaan gerakan tersebut pada tabel adalah ....

Nama gerak
Sendi yang terlibat
Otot yang berkontraksi
A
Ekstensi
putar
bisep
B
Ekstensi
engsel
trisep
C
Fleksi
engsel
bisep
D
Fleksi
putar
Trisep
E
Elevator
engsel
Bisep


Dengan diberikan gambar persendian-persendian yang teradapat pada tubuh manusia siswa mampu menghubungkan gerakan yang dilakukan dan persendian yang terlibat
Perhatikan gambar rangka manusia dan persendiannya berikut ini

Persendian yang memungkinkan terjadinya pasangan gerakan supinasi dan pronasi ditunjukkan oleh bagian yang bernomor  ...
A.    1 , sendi peluru
B.     2, sendi engsel
C.     2, sendi putar
D.    3, sendi pelana
E.     3, sendi putar
Dengan diberikan nama cidera yang dialami siswa mampu menyimpulkan kerusakan yang terjadi
Seorang pemain bola terjatuh saat menggiring bola dan mengalami cidera. Oleh dokter dikatakan mengalami dislokasi. Cidera yang dialami pemain bola tersebut diakibatkan ...
  1. salah satu tulang kakinya patah
  2. pergeseran tulang pada persendian
  3. otot betisnya sobek
  4. telapak kaki menginjak benda tajam
  5. kelebihan asam urat






SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator: Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Peredaran darah
Struktur jantung
komponen darah: pembekuan darah
Pembuluh darah vena, arteri dan kapiler
Sistem peredaran darah ganda
Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia
16
Dengan diberikan skema pembekuan darah siswa mampu menyebutkan bagian-bagian yang ditunjuk
Perhatikan skema pembekuan darah berikut ini.

Penjelasan bagian yang ditunjuk oleh X dan Y dalam tabel berikut ini yang benar adalah ...

X
Y
A
Trombosit
Protrombin
B
Trombosit
Fibrin
C
Protrombin
Trombokinase
D
protrombin
Fibrin
E
fibrin
Trombosit


Dengan diberikan gambar jantung siswa mampu menghubungkan bagian jantung dan fungsinya

Perhatikan gambar jantung berikut ini

Bagian jantung yang berfungsi menampung darah yang berasal dari paru-paru dan memompa darah keluar ke seluruh tubuh secara urut adalah ....
A.    1 dan 3
B.     1 dan 4
C.     2 dan 5
D.    4 dan 2
E.     5  dan 3
Dengan diberikan gambar skema sistem peredaran darah manusia siswa mampu mengidentifikasi proses peredaran darah

Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!

Peredaran darah besar pada manusia secara urut akan melalui bagian-bagian....

A.    E-2-B-1
B.     E-6-D-5
C.     E-3-C-4
D.    E-7-A-8
E.     E-8-A-7
Dengan diberikan narasi ciri-cirir gangguan yang terjadi siswa mampu mengidentifikasi nama penyakit yang dialami

Bagi orang dewasa ada anjuran untuk mengurangi mengkonsumsi lemak. Pengurangan konsumsi lemak dapat mengurangi resiko terserang ....
  1. Anemia
  2. aterosklerosis
  3. Leukemia
  4. Arteriosklerosis
  5. varises

Dengan diberikan gambar sel darah siswa siswa mampu menjelaskan  fungsinya
Perhatikan gambar sel darah berikut ini

Fungsi sel darah tersebut berkaitan dengan ...
  1. pengangkutan oksigen
  2. Penganguktan karbondioksida
  3. Pengangkutan bahan makanan
  4. Pertahanan tubuh
  5. Pembekuan darah




SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator: Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem pencernaan
Organ-organ pada saluran  pencernaan makanan
Kelenjar pada sistem pencernaan makanan, enzim yang dihasilkan dan fungsinya
Proses pencernaan makanan
Gangguan yang terjadi pada sistem  pencernaan manusia
17
Dengan diberikan gambar organ pada sistem pencernaan manusia siswa mampu menjelaskan proses pencernaan yang terjadi dalam organ tersebut

Perhatikan gambar sistem pencernaan manusia berikut ini!

Proses pencernaan makanan yang tidak  terjadi dalam organ X adalah ....
  1. Pencernaan garam mineral
  2. Penyerapan kembali air
  3. Pembusukan bahan makanan
  4. Penyerapan garam mineral
  5. Pembentukan vitamin K

Dengan diberikan narasi sistem pencernaan makanan manusia siswa mampu menjelaskan proses pencernaan bahan makanan pada organ pencernaan makanan manusia

Pada sistem pencernaan manusia terjadi proses pencernaan bahan makanan yang mengandung Karbohidrat, lemak dan protein.  Hubungan antara organ, enzim, zat makanan dan hasil pencernaan yang terdapat dalam tabel berikut ini yang benar adalah ....


Organ
Enzim yang dihasilkan
Substart
Hasil
A
Mulut
Lipase
lemak
Asam lemak
B
Lambung
Pepsin
lemak
Asam lemak
C
Pankreas.
Tripsin
protein
Asam amino
D
Hati
Lipase
Asam lemak
gliserol
E
Usus halus
Laktase
amilum
glukosa
Dengan diberikan gambar skema sistem pencernaan makanan manusia siswa mampu menghubungkan gangguan/penyakit dan organ yang terganggu
Perhatikan gambar sistem pencernaan manusia berikut ini



Seseorang mengalami penyakit dengan gejala ujung kulit dan bola mata menguning dan oleh dokter dianjurkan untuk diet rendah lemak. Dari gejala penyakit tersebut organ yang diduga mengalami gangguan atau kerusakan adalah ....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5

Dengan diberikan gambar sistem pencernaan makanan manusia siswa mampu menidentifikasi organ penghasil enzim pencernaan tertentu
Perhatikan gambar alat pencernaan makanan di samping ini.

Enzim yang berfungsi mencerna protein dihasilkan oleh …
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5
C.    2, 3 dan 4
D.    2, 4 dan 5
E.     3, 4 dan 5

Dengan diberikan narasi gangguan sistem pencernaan makanan manusia siswa mampu menghubungkan gangguan yang terjadi terhadap  proses pencernaan

Seseorang yang terserang diare dapat mengakibatkan gangguan lain berupa dehidrasi. Dehidrasi diakibatkan karena tidak sempurnanya sistem pencernaan yang berlangsung dalam ...
  1. lambung
  2. duodenum
  3. yeyenum
  4. ileum
  5. usus besar








SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator: Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Respirasi
Organ pada sistem respirasi
Mekanisme Pernafasan dada dan perut
Difusi dan pengangkutan gas
Bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya
18
Dengan diberikan narasi proses pernafasan siswa mampu mendeskripsikan proses pengangkutan gas pada sistem pernapasan manusia
Oksigen yang diperoleh dalam proses pernapasan akan digunakan untuk memperoleh energi (ATP) dari glukosa yang terjadi di mitokondria dengan persamaan reaksi sebagai berikut:
C6H12O6  + O2   → CO2  + H2O  + ATP
CO2 dan H2O sebagai zat sisa respirasi akan sebagian besar akan dibawa ke paru-paru dalam bentuk ….
  1. HbCO2
  2. COterlarut dalam plasma darah
  3. Ion bikarbonat
  4. CaCO3
  5. NaCO3

Dengan diberikan gambar paru-paru siswa dapat  menghubungkan penyakit dan bagian yang mengalami gangguan
Perhatikan gambar paru-paru manusia berikut ini

Seseorang didiagnosis oleh dokter mengidap penyakit infeksi (radang) yang menyerang bagian X. Kemungkinan namanya adalah ....
A.    faringitis
B.     Laringitis
C.     Bronkhitis.
D.    pneumonia
E.     asfiksi
Dengan diberikan gambar rongga dada siswa mampu menjelaskan proses pernapasan dada atau perut

Perhatikan gambar sistem pernapasan berikut ini!


Peryataan berikut ini yang benar berkaitan dengan mekanisme ekspirasi dengan menggunakan bagian X adalah ....
A.    Relaksasi , pernapasan dada
B.     Kontraksi, pernapasan dada
C.     Relaksasi, pernapasan perut
D.    Kontraksi, pernapasan perut
E.     Relaksasi, pernapasan dada dan perut
Dengan diberikan gambar organ / bagian sistem pernafasan manusia siswa mampu menjelaskan fungsinya
Perhatikan gambar potongan bagian paru-paru berikut ini

Pada bagian yang nampak pada gambar terjadi proses....
  1. penggunaan O2 untuk pembentukan energi
  2. pertukaran gas
  3. pembentukan hemoglobin
  4. terjadi inspirasi-ekspirasi
  5. pengikatan CO2 oleh hemoglobin

Dengan narasi tahap-tahap pernapasan siswa mampu menjelaskan proses pernapasan dada atau perut
Di bawah ini adalah beberapa pernyataan tentang mekanisme pernapasan:
1.      Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik, volume dada membesar, tekanan udara turun, udara masuk
2.      Otot sekat rongga dada mengerut, volume rongga dada mengecil, udara keluar
3.      Otot antar tulang rusuk kendur, tulang rusuk turun, volume rongga dada mengecil, tekanan bertambah, akibatnya udara keluar
4.      Otot sekat rongga dada mendatar, volume rongga dada besar, udara masuk
Pernyataan yang benar tentang mekanisme pernapasan dada adalah …
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     1 dan 4
D.    2 dan 3
E.     3 dan 4









SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator: Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Ekskresi
Ginjal
Struktur ginjal
Struktur nefron dan proses pembentukan urine
Gangguan/penyakit
Paru-paru
Hati-hati
Kulit
19
Mampu mendeskripsikan proses/organ-organ pada sistem ekskresi manusia berdasarkan gambar/fungsi/proses yang
terjadi

Perhatikan gambar potongan kulit berikut ini

Bagian  yang melaksanakan fungsi ekskresi adalah ....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5

Mampu menhubungkan struktur nefron dan proses pembentukan urine pada sistem ekskresi manusia
Perhatikan gambar nefron berikut ini !

Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan bagian berlabel X dan proses yang berlangsung pada saat pembentukan urine adalah …
A.    Tubulus kolektipus,  augmentasi
B.     Tubulus kontortus distal, filtrasi
C.     Lengkung Henle,  reabsorbsi
D.    Tubulus kontortus proksimal,  reabsorbsi
E.     Glomerulus, filtrasi

Mampu mengidentifikasi sisa metabolisme dan bentuk zat yang dibuang oleh ginjal
Proses perombakan asam amino akan menghasilkan zat sisa yang bersifat racun  dan harus dinetralkan sebelum dibuang melalui urine. Zat racun dan zat yang dibuang dalam urine secara urut adalah ....
A.   Ammonia dan urea
B.    Urea dan ammonia
C.    Amonia dan asam arginin
D.   Ornitin dan urea
E.    Ornitin dan asam arginin
Dengan diberikan gambar nefron siswa mampu mengidentifikasi bagian nefron yang melaksanakan fungsi tertentu
Perhatikan diagram nefron di samping!

Proses reabsorbsi molekul yang masih berguna terjadi pada bagian yang ditunjuk oleh bagian yang bernomor … .
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5 
C.    2, 3 dan 4
D.    2, 3 dan 4
E.     3, 4 dan 5
Dengan diberikan gambar potongan ginjal siswa mampu mengidentifikasi bagian  yang mengalami gangguan pada kasus tertentu
Perhatikan gambar potongan ginjal berikut ini

Apabila seseorang mengalami gagal ginjal sehingga proses pembentukan urine mengalami gangguan kemungkinan bagian ginjal yang mengalami gangguan adalah …
A.    1 dan 2
B.    1 dan 4
C.    2 dan 3
D.    2 dan 5
E.     3 dan 4







SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator: Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
Konsep Esensial:
Sistem Syaraf
Struktur dari neuron dengan perannya
Otak dengan bagian dan perannya
 Arah impuls pada gerak sadar / refleks dengan gambar
Sistem Hormon
 Perbedaan sistem syaraf dan sistem hormon
Alat Indera
Mata, telinga, hidung, kulit dan lidah
20
Dengan diberikan tabel perbandingan sistem syaraf dan hormone siswa mampu membandingkan perbedaan keduan.

Sistem regulasi manusia diatur oleh sisitem syaraf dan sisitem hormon. Berikut ini merupakan perbedaaan yang benar berkaiatan dengan pengaturan sisitem regulasi oleh sisitem syaraf dan sistem hormon

Karakteristik
Sistem syaraf
Sistem hormon
A
Sinyal
Berupa impuls
Berupa zat kimia
B
Organ Target
Tidak khusus
khusus
C
Pergerakan rangsang
Lambat
cepat
D
Kecepatan reaksi
Lambat
cepat
E
Fungsi
Mengatur homeostasis
Mengatur gerakan



Dengan diberikan kasus, siswa mampu mendeskripsikan jalannya impuls pada gerak refleks/gerak yang disadari

Seseorang tanpa sengaja menginjak paku sehingga memberikan respon mengaduh dan mengangkat kaki. Urutan yang benar  jalannya impuls pada respon tersebut  adalah ...
A.    Reseptor – saraf sensorik - otak – saraf motorik - efektor
B.     Efektor – saraf sensorik - otak – saraf motorik - reseptor
C.     Reseptor – saraf motorik - sumsum belakang – saraf sensorik - efektor
D.    Efektor – saraf sensorik - sumsum belakang – saraf motorik - reseptor
E.     Reseptor – saraf sensorik - sumsum belakang – saraf motorik – efektor
Dengan diberikan system syaraf pusat (otak) mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagiannya
Perhatikan gambar otak manusia berikut ini

Seseorang mengalami kecelakaan sehingga cidera pada bagian kepala sehingga mengakibatkan kelumpuhan. Kemungkinan bagian yang mengalami kerusakan adalah ....
A.        1
B.        2
C.        3
D.        4
E.         5
Dengan diberikan gambar sistem indra siswa mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagiannya
Perhatikan gambar  struktur telinga berikut ini !

Bagian telinga manusia yang berfungsi sebagai alat meneruskan gelombang suara, menerima gelombang suara dan sebagai alat pendengar secara berurutan ditunjukkan oleh…. 1, 4, 3
A.   A, C dan D        
B.    B, D dan E
C.    A, B dan C         
D.   D, C dan E
E.    B, D dan C

Dengan narasi gangguan karena kelainan hormonal siswa mampu menyimpulkan penyebabnya
Beberapa anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga gigantisme yaitu tumbuh sangat cepat. Gangguan pertumbuhan ini disebabkan oleh kelebihan produksi hormone …
A.   STH
B.    LTH
C.    ACTH
D.   FSH
E.    LH






Tidak ada komentar:

Posting Komentar