SKL 1: Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
| ||||||||||||||||||
Indikator : Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
Konsep Esensial:
· Objek Biologi : Makhluk hidup
1. Ciri-ciri makhluk hidup
2. Kelompok makhluk hidup (virus, monera, protista, fungi, plantae, animalia)
· Permasalahan Biologi:
· Tingkat organisasi : molekul-biosfer
· Cabang-cabang ilmu biologi
| ||||||||||||||||||
1
|
Dengan diberikan ciri-ciri yang dimiliki salah satu objek biologi siswa mampu menentukan kingdomnya
Objek biologi adalah makhluk hidup yang dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Objek biologi yang mempunyai ciri-ciri: merupakan makhluk hidup uniseluler , autotrof selnya bersifat eukariotik dikelompokkan ke dalam ....
| |||||||||||||||||
Dengan diberikan satu aktifitas organisme siswa dapat menyimpulkan ciri hidup yang dimiliki
Populasi tikus yang hidup di sawah bertambah banyak sehingga mengakibatkan kerusakan tanaman padi . Pertambahan populasi yang terjadi menunjukkan bahwa sebagai makhluk hidup tikus mempunyai ciri....
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan satu contoh cabang biologi siswa dapat mengidentifikasi objek, permasalahan dan tingkat organsisasi yang menjadi kajian.
Salah satu cabang biologi yang mengkaji objek hewan (manusia) adalah osteologi. Pernyataan pada tabel berikut ini yang benar berkaitan dengan permaslahan dan tingkat organisasi ilmu adalah….
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan satu permasalahan yang dihadapi manusia siswa mampu mengidentifikasi cabang ilmu biologi yang dapat mengatasinya.
Banjir menjadi permasalahan yang dihadapi penduduk di beberapa wilayah Indonesia. Upaya mengatasi banjir memerlukan cabang ilmu Biologi yang mempunyai struktur keilmuan dengaan kajian pada tingkat organisasi ….
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan beberapa cabang ilmu biologi siswa mampu menghubungkan cabang ilmu biologi dan objeknya
Setiap cabang ilmu biologi mempunyai perbedaan objek dan permasalahan yang dikaji. Pilihlah pernyataan pada tabel berikut ini yang menunjukkan hubungan ilmu biologi dan objek yang dikaji dengan benar!
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| ||||||||||||||||||||||||
Indikator : Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.
Konsep Esensial:
Peran : Virus, Archaebacteria/ Eubacteria
· Menguntungkan
· Merugikan (Penyakit)
| ||||||||||||||||||||||||
2
|
Dengan diberikan gejala penyakit yang terjadi pada tanaman penyakit siswa mampu menyimpulkan penyebabnya
Seekor ayam mengalami penyakit dengan gejala tidak dapat berjalan lurus dan sesekali berjalan sambil tubuhnya berputar-putar. Dari gejala penyakit tersebut dapat disimpulkan nama penyakit dan penyebabnya adalah ....
A. Foot and mouth disease, virus
B. New castle disease, virus
C. Tungro, virus
D. Antraks, bakteri
E. Tetanus, bakteri
| |||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan contoh peranan archaebacteria bagi manusia siswa mampu mengidentifikasi siswa mampu eubacteria yang digunakan
Kotoran ternak selain dapat dimanfaatkan sebagai pupuk dapat juga dimanfaatkan menjadi energi alternatif dalam rumah tangga dengan diubah menjadi biogas. Proses pembuatan biogas melibatkan Archaebacteria yaitu …
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit siswa mampu menghubungkan penyakit dan penyebabnya.
Banyak virus dan bakteri merupakan penyebab penyakit pada manusia. Pernyataan pada tabel berikut ini yang menunjukkan hubungan yang benar antara penyakit dan penyebabnya adalah....
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar akar tanaman siswa mampu menghubungkan jenis bakteri dan peranannya
Perhatikan gambar akar tanaman yang mengandung bakteri berikut ini
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan contoh beberapa eubacteria siswa mampu mengidentifikasi peranan yang sesuai
Perhatikan tabel bakteri dan peranannya berikut ini
Hubungan antara jenis bakteri dan peranannya yang benar ditunjukkan oleh ..
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| |
Indikator: Mengidentifikasi ciri-ciri/peran organisme dari kelompok protista/jamur.
Konsep Esensial
Ciri –ciri!!!!
Protista
· Menyerupai hewan/protozoa: (Ciri, Klasifikasi, Reproduksi,peran)
· Menyerupai tumbuhan (ciri, klasifikasi, peran)
· Menyerupai jamur
Fungi
· Ciri-ciri (hifa, spora seksual)
· Klasifikasi
Buku SPM BIOLOGI halaman : 15 – 23
| |
3
|
Dengan diberikan gambar spora seksual jamur siswa siswa mampu menyimpulkan divisionya
Perhatikan gambar spora seksual dan jenis hifa yang dimiliki fungi berikut ini
A. Zygomycota
B. Ascomycota
C. Basidiomycota
D. Deuteromycota
E. oomycota
|
Dengan diberikan beberapa ciri organismo siswa mampu mengidentifikasi ciri fungí
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut ini
1) tubuh tersusun dari sel-sel yang bersifat prokariotik
2) mempunyai dinding sel yang tersusun dari zat kitin
3) memperoleh makanan secara hetrotrof
4) pencernaan berlangsung secara eksternal
5) tersusun atas benang-benang myselium yang membentuk hifa
Ciri-ciri yang merupakan ciri fungi adalah ....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5
| |
Dengan diberikan gambar contoh algae siswa mampu mengidentifikasi ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar salah satu algae berikut ini
A. Klorofil
B. Fukosantin
C. Fikosianin
D. Fikoeritrin
E. Santofil
| |
Dengan diberikan gambar contoh protista siswa mampu mengidentifikasi organela dengan fungsi tertentu
Perhatikan gambar salah satu contoh protista berikut ini
| |
Dengan diberikan satu kasus siswa siswa mampu mengidentifikasi protista penyebabnya
Seseorang mengalami diare dan oleh dokter diidentifikasi telah terjadi infeksi oleh protozoa di dalam usus halusnya. Protozoa yang menyebabkan diare tersebut kemungkinan adalah ....
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| ||||||||||||||||||||
Indikator : Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
Konsep Esensial:
· Dasar klasifikasi (persamaan dan keragaman)pada tingkat takson tertentu
· Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik
· Aturan penulisan nama spesies
| ||||||||||||||||||||
4
|
Dengan diberikan contoh 2 kelompok mikroorganisme siswa mampu menjelaskan dasar perbedaan pengelompokannya
Protozoa dan bakteri merupakan organisme 1 sel tetapi merupakan anggota kingdom yang berbeda. Ciri yang menjadi dasar pembedaanya adalah ....
A. cara memperoleh makanan
B. alat gerak
C. dinding sel
D. membran inti sel
E. cara reproduksi
| |||||||||||||||||||
Dengan diberikan klasifikasi pada tingkat takson tertentu siswa dapat menyimpulkan kedekatan hubungan kekerabatannya
Perhatikan tabel berikut ini
Berdasarkan tabel tersebut hewan yang mempunyai persamaan ciri paling banyak dengan ular adalah...
A. W dan X
B. W dan Y
C. X dan Y
D. X dan Z
E. Y dan Z
| ||||||||||||||||||||
Dengan diberikan tingkat takson tertentu siswa mampu membedakan ciriyang dimiliki
Dalam klasifikasi 5 dunia Jamur tidak lagi dianggap sebagai bagian dari kingdom Plantae karena keduanya memiliki perbedaan ciri yang mencolok. Ciri Jamur yang membedakan dengan Tumbuhan adalah ....
| ||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar diagram filogenik siswa mampu mengidentifikasi hubungan kekerabatannya.
Diantara pasangan hewan berikut ini yang mempunyai hubungan kekerabatan paling dekat adalah..
| ||||||||||||||||||||
Siswa mampu menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup
Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah adanya persamaan dalam perbedaan ciri-ciri yang dimiliki. Ciri yang digunakan sebagai dasar klasifikasi makhluk hidup adalah ciri ...
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| |
Indikator : Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
Konsep Esensial:
· pelestarian keanekaragaman hayati : jenis/cara dan tujuannya
( insitu-eksitu, Taman nasional, Cagar alam dan suaka margasatwa, Kebun binatang, kebun koleksi dll)
· Ancaman terhadap keanekaragaman hayati
| |
5
|
Dengan diberikan satu contoh upaya pelestarian sumber daya alam hayati, siswa mampu menjelaskan tujuan upaya pelestarian tersebut
Upaya pelestarian sumber daya alam hayati diantaranya dengan membuat kebun koleksi misalnya kebun koleksi buah di Cibinong, kebun koleksi kelapa di Bone. Tujuan utama dari pengembangan kebun koleksi adalah….
A. Memproduksi buah dalam jumlah besar
B. Meningkatkan industri pariwisata
C. Melindungi plasma. nutfah
D. Mencegah erosi pada musim hujan
E. Memperbaiki ekosistem
|
Dengan diberikan rumusan tujuan konservasi siswa mampu menentukan upaya konservasi yang sesuai
Beberapa kawasan yang mempunyai ekosistem yang asli dan unik sehingga sangat potensial digunakan untuk penelitian dan pendidikan. Upaya pelestarian sumber daya alam hayati dikawasan tersebut yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah dengan menetapkannya sebagai ….
A. Kebun koleksi
B. Taman nasional
C. Suaka margasatwa
D. Kebun raya
E. Cagar alam
| |
Dengan diberikan beberapa ciri upaya pelestarian sumber daya alam hayati siswa mampu mendeskripsikan ciri upaya pelestarian tertentu
Perhatikan pernyataan-pernyataan yang berkaitan upaya pelestarian sumber daya alam hayati berikut ini
1. Merupakan konservasi insitu
2. Terdiri dari kumpulan tumbuhan
3. Melestarikan plasma nutfah organisme tertentu
4. Dimanfaatkan untuk rekreasi
Konservasi berbentuk Kebun Raya mempunyai karakteristik....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
| |
Dengan diberikan ciri suatu kawasan siswa mampu menyimpulkan bentuk upaya pelestariannya
Suatu kawasan memiliki jenis satwa yang unik dan sangat memerlukan perlindungan agar kelestariannya tetap terpelihara. Upaya yang tepat untuk pelestarian/konservasinya adalah dengan menetapkannya menjadi … .
A. Taman Nasional
B. Suaka. Margastwa
C. Cagar Alam
D. Kebun Raya
E. Kebun Binatang
| |
Siswa mampu menyimpulkan kelebihan bentuk upaya pelestarian tertentu
Konservasi beberapa jenis organisme langka dilakukan dihabitat asalnya (insitu). Kelebihan konservasi insitu dibandingkan dengan konservasi eksitu adalah ...
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| |||||||||||||||||||||
Indikator : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
Konsep Esensial:
Ciri-ciri:
· Tumbuhan lumut
· Tumbuhan paku
· Tumbuhan berbiji (spermatophyta)
| |||||||||||||||||||||
6
|
Dengan diberikan beberapa ciri makhluk hidup siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut ini
1) Tubuh tersusun atas sel Eukariotik multiseluler
2) Sel tersusun atas sel Prokariotik uniseluler
3) Dinding sel tersusun dari zat kitin
4) Dinding sel tersusun dari zat selulose
5) Memperoleh makanan secara autotrof
6) Memperoleh makanan secara heterotrof
Tumbuhan (plantae) mempunyai ciri-ciri yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 3 dan 5
B. 1, 3 dan 6
C. 1. 4 dan 5
D. 2, 3 dan 6
E. 2, 4 dan 5
| ||||||||||||||||||||
Dengan diberikan ciri-ciri tumbuhan lumut dan paku siswa mampu membandingkan ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan lumut dan paku
Perhatikan tabel ciri-ciri tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (pteridophyta) berikut ini
Perbedaan tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
| |||||||||||||||||||||
Dengan diberikan struktur tumbuhan paku/lumut siswa dapat menjelaskan fase tumbuhan gambar skema siklus hidup tumbuhan lumut/paku siswa mampu mengidentifikasi fase-fasenya
Pernyataan tentang X dan Y pada tabel berikut ini yang benar adalah...
| |||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar struktur organ yang dimiliki siswa mampu menyimpulkan nama kelompok tumbuhannya.
Perhatikan struktur organ tumbuhan berikut ini !
Tumbuhan yang memiliki organ tersebut termasuk dalam kelompok...
A. Monokotil
B. Dikotil
C. Gymnospermae
D. Pterydophyta
E. Bryophyta
| |||||||||||||||||||||
Dengan diberikan tabel perbedaan ciri tumbuhan gymnospermae dan angiospermae siswa mampu mengidentifikasi perbedaan ciri yang benar
Tumbuhan berbiji (spermatophyta) dibedakan menjadi tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Dasar pengelompokkan pada tabel berikut ini yang benar adalah ....
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| ||||||||||||||||||
Indikator : Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
Konsep Esensial:
· Siklus hidup invertebrata
· Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes, annelida, Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)
| ||||||||||||||||||
7
|
Dengan diberikan gambar hewan invertebrata siswa mampu menyebutkan cara reproduksinya
Perhatikan gambar salah satu hewaan coelenterata berikut ini
A. Membelah diri
B. Membentuk tunas
C. Fragmentasi
D. Spora
E. Konjugasi
| |||||||||||||||||
Dengan diberikangambar beberapa hewan invertebrate siswa siswa mampu mengidentifikasi hewan yang mempunyai kemampuan regenerasi tubub paling besar
Salah satu hewan invertebrate mempunyai daya regenerasi yang besar sehingga apabila dipotong masih dapat tumbuh kembali menjadi individu yang lengkap. Hewan yang mempunyai kemampuan tersebut adalah ….
A. Obelia sp
B. Taenia sp
C. Planaria sp.
D. Lumbricus sp
E. Acatina sp
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar siklus hidup salah satu jenis cacing, siswa mampu mengidentifikasifase-fase reproduksinya
Perhatikan siklus hidup Cacing pita (Taenia saginata) berikut ini
Reproduksi seksual dan aseksual secara berurutan terjadi pada bagian yang ditunjukkan bagian yang bernomor ...
A. 2 dan 5
B. 3 dan 1
C. 3 dan 4
D. 4 dan 3
E. 4 dan 5
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar salah satu hewan molusca siswa mampu mengidentifikasi cara reproduksinya
Perhatikan gambar hewan Molusca berikut ini
A. Hermafrodit dan tidak bisa fertilisasi sendiri
B. Hermafrodit dan bisa fertilisasi sendiri
C. Hermafrodit dan kadang-kadang dapat fertilisasi sendiri
D. Ada hewan jantan dan betina
E. Partenogenesis
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan siklus hidup hewan tertentu siswa Mampu mendeskripsikan fase-fase reproduksinya
Perhatikan gambar skema siklus hidup Aurelia berikut ini
Pernyataan pada tabel berikut yang menjelaskan fase dan kemampuan reproduksinya bagian yang ditunjuk oleh X adalah ...
|
SKL 2: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
| ||||||||||||||||||||||
Indikator : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
Konsep Esensial:
Ciri-ciri:
· filum vertebrate
· kelas anggota vertebrata
| ||||||||||||||||||||||
8
|
Dengan diberikan beberapa contoh hewan vertebrata, siswa mampu mengidentifikasi persamaan ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar beberapa hewan berikut ini
A. mempunyai tulang belakang
B. mempunyai jantung
C. peredaran bersifat darah tertutup
D. bernafas dengan paru-paru
E. mempunyai alat gerak
| |||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar contoh hewan invertebrata siswa mampu membandingkan ciri-cirinya
Perhatikan gambar beberapa hewan vertebrata berikut ini
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
| ||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan 2 contoh hewan invertebrata siswa mampu membandingkan persamaan ciri yang dimiliki
Perhatikan gambar 2 hewan vertebrata yang dapat terbang berikut ini
Peryataan berikut ini yang bukan persamaan yang dimiliki kedua hewan terebut adalah ...
A. Bertulang belakang
B. Reproduksi secara Ovipar
C. Jantung terbagi menjadi 4 ruang
D. Homoioterm
E. Bernafas dengan paru-paru
| ||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan contoh filum hewan invertebrata, siswa mampu mengelompokkan persamaan dan perbedaan cirinya
Perhatikan gambar hewan vertebrata berikut ini
Hewan tersebut dikelompokkan kedalam kelas Amphibia karena...
A. Reproduksinya secara ovipar dan fertilisasi internal
B. Jantung mempunyai 3 ruang
C. Bernafas dengan insang dan paru-paru
D. Suhu tubuh berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungan
E. Mempunyai 2 fase yang hidup di habitat berbeda
| ||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan contoh filum vertebrata, siswa mampu mengelompokkan persamaan dan perbedaan ciriny
Perhatikan gambar 2 contoh hewan vertebrata berikut ini
Perbedaan ciri kedua hewan pada tabel berikut ini yang benar adalah .....
|
SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, per/ubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
| |
Indikator : Menganalisis hubungan antar komponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
Konsep Esensial:
Interaksi:
· Jaring-jaring makanan , tingkat trofi dan aliran energi
· Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi)
| |
9
|
Dengan diberikan jarring-jaring makanan siswa dapat menentukan nichia (relung) hewan yang ditunjuk
Perhatikan skema jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem berikut ini !
Organisme-organisme yang secara potensial berinteraksi secara kompetisi karena mempunyai nichia (relung) yang sama adalah .....
A. Burung pipit dan elang
B. Katak dan tikus
C. Belalang. dan tikus
D. Ulat dan katak
E. Burung pipit dan tikus
|
Dengan diberikan gambar interaksi 2 organisme siswa mampu mengidentifikasi jenis interaksi yang terjadi.
Berdasarkan ciri interaksi yang dapat diamati dapat disimpulkan diantara kedua tumbuhan terjadi interaksi ….
| |
Mampu menjelaskan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem
Komunitas dalam suatu ekosistem membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas kehidupannya. Prinsip perpindahan energi dalam suatu ekosistem adalah .....
| |
Dengan diberikan jaring-jaring makanan siswa mampu menganalisis aliran energi pada ekosistem tersebut.
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan yang terjadi pada suatu ekosistem berikut ini !
A. ulat
B. belalang
C. pohon
D. ayam
E. elang
| |
Mampu menjelaskan aliran energi yang terjadi pada sebuah komunitas/ekosistem
Komunitas dalam suatu ekosistem membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas kehidupannya. Prinsip perpindahan energi dalam suatu ekosistem adalah .....
|
SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
| |
Indikator : Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
Konsep Esensial:
· Siklus biogeokimia:
1. nitrogen,
2. karbon/oksigen
3. phosphor
4. sulfur
5. air
| |
10
|
Dengan diberikan gambar skema siklus nitrogen siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi.
Proses X dan hasil Y secara urut adalah ….
|
Dengan diberikan gambar skema siklus karbon siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi
Proses respirasi dan pembusukan secara urut di tunjukkan oleh bagain yang bernomor….
| |
Dengan diberikan gambar skema siklus phospat siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi
Perhatikan Daur Posfat berikut ini!
Hujan
Pelapukan batuan
Karena cuaca
tumbuhan
Dekomposer detritus
sedimentasi
Dari skema tersebut dapat disimpulkan bahwa daur fosfat di ekosistem berlangsung tidak sempurna karena….
A. Tidak melibatkan matahari
B. Beredar melalui rantai makanan
C. Berasal dari batuan akhirnya tertumpuk. di lautan
D. Hanya melibatkan proses kimia tanpa melibatkan proses biologi
E. Hanya tumbuhan yang dapat memanfaatkan secara langsung
| |
Dengan diberikan gambar skema siklus oksigen siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi
Perhatikan skema daur oksigen berikut ini
Bagian yang ditunjuk oleh X dan Y secara berurutan adalah ….
A. Pembusukan dan respirasi
B. Pembusukan dan fotosintesis
C. Respirasi dan fotosintesis
D. Respirasi dan pembusukan
E. Fotosintesis dan respirasi
| |
Dengan diberikan gambar skema siklus sulfur siswa mampu mengidentifikasi proses yang terjadi
Perhatikan gambar daur sulfur berikut ini!
A. sulfur digunakan oleh tumbuhan dalam bentuk ion SO42-
B. sumber unsur sulfur alami adalah hasil pembusukan sisa organism
C. untuk meningkatkan kadar sulfur dalam tanah dapat dilakukan pemupukan
D. hujan asam akibat pembakaran batu bara dapat meningkatkan kadar sulfur dalam tanah
E. petir dapat membantu reaksi pembentukan ion. SO42-
|
SKL 3: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
| |
Indikator : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan
Konsep Esensial:
· Pencemaran lingkungan (cfc, hujan asam, efek rumah kaca, CO)
· Eutrofikasi
· Dampak perubahan lingkungan karena kegiatan manusia
| |
11
|
Dengan diberikan contoh aktifitas dalam dunia pertanian siswa mampu memprediksikan dampak yang mungkin terjadi
Untuk meningkatkan hasil pertanian salah satu langkahnya adalah pembasmian hama dengan menggunakan DDT. Akibat penggunaan DDT bagi keseimbangan ekosistem adalah ...
|
Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
Pertambangan emas sangat berpotensi mencemari lingkungan dalam skala luas dan memberikan dampak dalam jangka panjang. Dalam proses penambangan emas bahan berbahaya yang digunakan adalah ....
A. HCL
B. Mercuri
C. Timbal
D. DDT
E. CFC
| |
Dengan diberikan proses perubahan tataguna air siswa mampu mengidentifikasi penyebabnya
Di beberapa wilayah perkotaan air tanahnya berubah menjadi asin sehingga tidak dapat dikonsumsi lagi. Penyebab kerusakan air tanah ini adalah ....
| |
Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap gejala efek rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi (Global Warming) yang diperkirakan dapat mengakibatkan beberapa bencana alam, Upaya untuk mencegah gejala tersebut adalah mengurangi … .
A. Emisi ozon
B. Emisi karbon (CO2)
C. penggunaan CFC
D. Penggunaan O2
E. Penggunaan kaca pada gedung bertingkat
| |
Dengan diberikan salah satu akibat pencemaran lingkungan siswa dapat mengidentifikasi penyebabnya
Pertumbuhan enceng gondok di beberapa bendungan atau danau sulit untuk dikendalikan sehingga menutupi sebagian besar permukaan air danau atau bendungan. Salah satu penyebab gejala tersebut adalah terjadinya eutrofikasi yang disebabkan oleh ….
A. Sedimentasi lumpur dari aliran sungai
B. Penggunaan pestisida yang berlebih sehingga mematikan pemakan enceng gondok
C. Penggunaan pupuk berlebih sehingga perairan menjadi sangat subur.
D. Pencemaran air sehingga ikan mati dan tidak ada pemangsa enceng gondok
E. Pencemaran usaha pertamanan sehingga biji enceng gondok masuk ke perairan
|
SKL 4: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
| ||||||||||||||||||||||||
Indikator : Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
Konsep Esensial:
· Struktur, Komponen, proses pada Membran sel
· Proses transport melalui membrane
· Komponen protoplasma
| ||||||||||||||||||||||||
12
|
Dengan diberikan gambar membran sel siswa mampu mengidentifikasi sifat bagian yang ditunjuk
Perhatikan gambar membran sel berikut ini
Untuk mempertahankan stabilitas membran sel dalam lingkungan air bagian X dan Y secara berurutan bersifat ....
A. Hidrofobik- hidrofobik
B. Hidrofobik - hidrofilik
C. Hidrofilik – hidrofilik
D. Hidrofilik- hidrofobik
E. Hidrofobik/hidofilik - hidrofobik
| |||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar model membrane sel siswa dapat menjelaskan
Perhatikan gambar membrane sel berikut ini!
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 5
E. 3 dan 5
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan kasus transport zat siswa mampu menganalisis komponen yang terlibat proses osmosis
Penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut pada tabel berikut ini yang benar adalah....
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan kasus plasmolisis siswa mampu menjelaskan proses yang terjadi
Perhatikan gambar perubahan yang terjadi pada sel berikut ini
Penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut adalah ...
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan beberapa karakteristik pengangkutan melalui membrane siswa mampu mengidentifikasi sifat transport aktif
Perhatikan pernyataan yang berkaitan dengan pengangkutan zat melalui membran sel berikut ini!
1) Berlangsung secara spontan
2) Tidak membutuhkan energi
3) Membutuhkan energi
4) Memindahkan zat dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi
5) Memindahkan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah
Pernyataan yang merupakan ciri transport aktif adalah…
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5
|
SKL 4: Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
| |
Indikator : Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
Konsep Esensial:
· Karakteristik organela – fungsi
· Gambar organela-fungsi
· Beda sel hewan dan tumbuhan
| |
13
|
Dengan diberikan cirri-ciri organel sel siswa mampu mampu menjelaskan proses/ fungsi organel
Perhatikan ciri-ciri organel berikut ini
Fungsi organel tersebut adalah ....
A. Mensintesis protein sitoplasmik
B. Mensintesis protein membrani
C. Menghancurkan organel sel sendi
D. Detokfikasi
E. Menetralkan hidrogen peroksida
|
Dengan diberikan fungsinya siswa mampu mengidentifikasi organel sel/bagian sel yang terlibat
Salah satu fungsi inti sel (nukleus) adalah tempat penyimpanan informasi genetika. Bagian nukleus yang melaksanakan fungsi tersebut adalah ….
A. Membran inti
B. Cairan inti (nukleoplasma)
C. Nukleolus
D. Kromatin
E. Seluruh bagian nukleus
| |
Siswa mampu mendeskripsikan bahan organik penyusun bagian tertentu dari sel
Sel tersusun atas komponen organik berupa karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat. Apabila dilakukan analisis bagian sel yang paling banyak mengandung asam nukleat adalah ...
A. Membran sel
B. Dinding sel
C. Sitoplasma
D. Inti sel (nukleus)
E. Retikulum Endoplasma
| |
Dengan disajikan gambar sel siswa mampu menjelaskan proses/ fungsi organel sel
Perhatikan gambar sel berikut ini !
Organel sel yang berfungsi memproses substansi yang akan dikeluarkan sel dan mengemasnya dalam vesikel ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
| |
Dengan disajikan beberapa macam organel sel siswa dapat membandingkan organel yang dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan
Berikut ini adalah beberapa bagian yang terdapat dalam sel
1) Nukleus
2) Plastida
3) Sentriol
4) Vakuola
5) Retikulum Endoplasma
Bagian sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan dan tdak dimiliki sel hewan adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
|
SKL 4: Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel seltumbuhan/hewan.
| ||||||||||||||||||
Indikator : Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
Konsep Esensial:
Organ tumbuhan
· Jaringan hewan dengan fungsinya
· Jaringan tumbuhan dengan fungsinya
· Organ dengan melihat jaringan penyusunnya
| ||||||||||||||||||
14
|
Dengan diberikan gambar contoh jaringan hewan siswa mampu menunjukkan hubungan fungsi dari struktur tersebut
Perhatikan gambar jaringan hewan berikut ini
Jaringan tersebut berfungsi....
| |||||||||||||||||
Dengan diberikan Mampu menunjukkan hubungan struktur dan fungsi jaringan hewan berdasarkan gambar/pernyataan yang disajikan
Perhatikan tabel hubungan antara jenis jaringan hewan dan fungsinya berikut ini
Hubungan jenis jaringan dan fungsinya yang benar ditunjukkan oleh ....
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar contoh org an tumbuhan siswa mampu menghubungakan bagian yang ditunjuk dan fungsinya
Perhatikan gambar penampang melintang organ tumbuhan berikut ini
Pernyataan yang benar berkaitan dengan bagian yang ditunjuk oleh X adalah ....
A. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari tanah.
B. Xilem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun
C. Floem berfungsi mengangkut air dan mineral dari tanah
D. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke daun
E. Kambium gabus berfungsi untuk pertumbuhan sekunder
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar contoh org an tumbuhan siswa mampu menghubungakan bagian yang ditunjuk dan fungsinya
Perhatikan gambar struktur potongan melintang melintang batang monokotil pada bagian berkas pengangkut berikut ini
Untuk mengangkut air/mineral dari tanah dan hasil fotosintesis secara berurutan digunakan struktur yang ditunjukkan oleh nomor ...
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan ciri-ciri jaringan siswa mampu menyimpulkan nama jaringannya
Seorang siswa mengamati sekelompok sel dan mendapatkan ciri-ciri sebagai berikut :
berdasarkan identifikasi hasil pengamatan tersebut jaringan yang sedang diamati adalah ....
A. epidermis
B. parenkim
C. kolenkim
D. sklerenkim
E. floem
|
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
| ||||||||||||||||||||||||
Indikator: Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
Konsep Esensial:
Sistem Gerak
· Jenis persendian
· Mekanisme Gerak antagonis dan sendi yang terlibat
· Gangguan dan Penyakit
| ||||||||||||||||||||||||
15
|
Dengan diberikan gambar skematis persendian siswa mampu menyimpulkan nama persendiyang dibentuk
Perhatikan gambar persendian berikut ini
A. Engsel
B. Pelana
C. Luncur
D. Putar
E. Peluru
| |||||||||||||||||||||||
Mampu menjelaskan gerak/macam gerak pada manusia
Manusia mempunyai beberapa pasang gerakan yang berlawanan (antagonis). Pada saat seseorang mengunyah makanan dengan mulutnya melakukan pasangan gerakan antagonis
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar salah satu gerakan siswa dapat menjelaskan mekanisme gerak yang terjadi
Perhatikan gambar gerakan pada alat gerak bagian atas manusia berikut ini
Pernyataan yang benar berkaitan dengaan gerakan tersebut pada tabel adalah ....
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar persendian-persendian yang teradapat pada tubuh manusia siswa mampu menghubungkan gerakan yang dilakukan dan persendian yang terlibat
Perhatikan gambar rangka manusia dan persendiannya berikut ini
Persendian yang memungkinkan terjadinya pasangan gerakan supinasi dan pronasi ditunjukkan oleh bagian yang bernomor ...
A. 1 , sendi peluru
B. 2, sendi engsel
C. 2, sendi putar
D. 3, sendi pelana
E. 3, sendi putar
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan nama cidera yang dialami siswa mampu menyimpulkan kerusakan yang terjadi
Seorang pemain bola terjatuh saat menggiring bola dan mengalami cidera. Oleh dokter dikatakan mengalami dislokasi. Cidera yang dialami pemain bola tersebut diakibatkan ...
|
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
| |||||||||||||||||||
Indikator: Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Peredaran darah
Struktur jantung
komponen darah: pembekuan darah
Pembuluh darah vena, arteri dan kapiler
Sistem peredaran darah ganda
Kelainan/penyakit pada pembuluh darah manusia
| |||||||||||||||||||
16
|
Dengan diberikan skema pembekuan darah siswa mampu menyebutkan bagian-bagian yang ditunjuk
Perhatikan skema pembekuan darah berikut ini.
Penjelasan bagian yang ditunjuk oleh X dan Y dalam tabel berikut ini yang benar adalah ...
| ||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar jantung siswa mampu menghubungkan bagian jantung dan fungsinya
Perhatikan gambar jantung berikut ini
Bagian jantung yang berfungsi menampung darah yang berasal dari paru-paru dan memompa darah keluar ke seluruh tubuh secara urut adalah ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 5
D. 4 dan 2
E. 5 dan 3
| |||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar skema sistem peredaran darah manusia siswa mampu mengidentifikasi proses peredaran darah
Perhatikan diagram sistem peredaran darah pada manusia berikut!
Peredaran darah besar pada manusia secara urut akan melalui bagian-bagian....
A. E-2-B-1
B. E-6-D-5
C. E-3-C-4
D. E-7-A-8
E. E-8-A-7
| |||||||||||||||||||
Dengan diberikan narasi ciri-cirir gangguan yang terjadi siswa mampu mengidentifikasi nama penyakit yang dialami
Bagi orang dewasa ada anjuran untuk mengurangi mengkonsumsi lemak. Pengurangan konsumsi lemak dapat mengurangi resiko terserang ....
| |||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar sel darah siswa siswa mampu menjelaskan fungsinya
Perhatikan gambar sel darah berikut ini
Fungsi sel darah tersebut berkaitan dengan ...
|
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
| |
Indikator: Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Respirasi
Organ pada sistem respirasi
Mekanisme Pernafasan dada dan perut
Difusi dan pengangkutan gas
Bagian dari sistem respirasi dengan penyakit /gangguannnya
| |
18
|
Dengan diberikan narasi proses pernafasan siswa mampu mendeskripsikan proses pengangkutan gas pada sistem pernapasan manusia
Oksigen yang diperoleh dalam proses pernapasan akan digunakan untuk memperoleh energi (ATP) dari glukosa yang terjadi di mitokondria dengan persamaan reaksi sebagai berikut:
C6H12O6 + O2 → CO2 + H2O + ATP
CO2 dan H2O sebagai zat sisa respirasi akan sebagian besar akan dibawa ke paru-paru dalam bentuk ….
|
Dengan diberikan gambar paru-paru siswa dapat menghubungkan penyakit dan bagian yang mengalami gangguan
Perhatikan gambar paru-paru manusia berikut ini
Seseorang didiagnosis oleh dokter mengidap penyakit infeksi (radang) yang menyerang bagian X. Kemungkinan namanya adalah ....
A. faringitis
B. Laringitis
C. Bronkhitis.
D. pneumonia
E. asfiksi
| |
Dengan diberikan gambar rongga dada siswa mampu menjelaskan proses pernapasan dada atau perut
Perhatikan gambar sistem pernapasan berikut ini!
Peryataan berikut ini yang benar berkaitan dengan mekanisme ekspirasi dengan menggunakan bagian X adalah ....
A. Relaksasi , pernapasan dada
B. Kontraksi, pernapasan dada
C. Relaksasi, pernapasan perut
D. Kontraksi, pernapasan perut
E. Relaksasi, pernapasan dada dan perut
| |
Dengan diberikan gambar organ / bagian sistem pernafasan manusia siswa mampu menjelaskan fungsinya
Pada bagian yang nampak pada gambar terjadi proses....
| |
Dengan narasi tahap-tahap pernapasan siswa mampu menjelaskan proses pernapasan dada atau perut
Di bawah ini adalah beberapa pernyataan tentang mekanisme pernapasan:
1. Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk naik, volume dada membesar, tekanan udara turun, udara masuk
2. Otot sekat rongga dada mengerut, volume rongga dada mengecil, udara keluar
3. Otot antar tulang rusuk kendur, tulang rusuk turun, volume rongga dada mengecil, tekanan bertambah, akibatnya udara keluar
4. Otot sekat rongga dada mendatar, volume rongga dada besar, udara masuk
Pernyataan yang benar tentang mekanisme pernapasan dada adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
|
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
| |
Indikator: Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
Konsep Esensial:
Sistem Ekskresi
Ginjal
Struktur ginjal
Struktur nefron dan proses pembentukan urine
Gangguan/penyakit
Paru-paru
Hati-hati
Kulit
| |
19
|
Mampu mendeskripsikan proses/organ-organ pada sistem ekskresi manusia berdasarkan gambar/fungsi/proses yang
terjadi
Perhatikan gambar potongan kulit berikut ini
Bagian yang melaksanakan fungsi ekskresi adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
|
Mampu menhubungkan struktur nefron dan proses pembentukan urine pada sistem ekskresi manusia
Perhatikan gambar nefron berikut ini !
Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan bagian berlabel X dan proses yang berlangsung pada saat pembentukan urine adalah …
A. Tubulus kolektipus, augmentasi
B. Tubulus kontortus distal, filtrasi
C. Lengkung Henle, reabsorbsi
D. Tubulus kontortus proksimal, reabsorbsi
E. Glomerulus, filtrasi
| |
Mampu mengidentifikasi sisa metabolisme dan bentuk zat yang dibuang oleh ginjal
Proses perombakan asam amino akan menghasilkan zat sisa yang bersifat racun dan harus dinetralkan sebelum dibuang melalui urine. Zat racun dan zat yang dibuang dalam urine secara urut adalah ....
A. Ammonia dan urea
B. Urea dan ammonia
C. Amonia dan asam arginin
D. Ornitin dan urea
E. Ornitin dan asam arginin
| |
Dengan diberikan gambar nefron siswa mampu mengidentifikasi bagian nefron yang melaksanakan fungsi tertentu
Proses reabsorbsi molekul yang masih berguna terjadi pada bagian yang ditunjuk oleh bagian yang bernomor … .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 4
E. 3, 4 dan 5
| |
Dengan diberikan gambar potongan ginjal siswa mampu mengidentifikasi bagian yang mengalami gangguan pada kasus tertentu
Apabila seseorang mengalami gagal ginjal sehingga proses pembentukan urine mengalami gangguan kemungkinan bagian ginjal yang mengalami gangguan adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 5
E. 3 dan 4
|
SKL 5 : Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
| |||||||||||||||||||||||||
Indikator: Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
Konsep Esensial:
Sistem Syaraf
Struktur dari neuron dengan perannya
Otak dengan bagian dan perannya
Arah impuls pada gerak sadar / refleks dengan gambar
Sistem Hormon
Perbedaan sistem syaraf dan sistem hormon
Alat Indera
Mata, telinga, hidung, kulit dan lidah
| |||||||||||||||||||||||||
20
|
Dengan diberikan tabel perbandingan sistem syaraf dan hormone siswa mampu membandingkan perbedaan keduan.
Sistem regulasi manusia diatur oleh sisitem syaraf dan sisitem hormon. Berikut ini merupakan perbedaaan yang benar berkaiatan dengan pengaturan sisitem regulasi oleh sisitem syaraf dan sistem hormon
| ||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan kasus, siswa mampu mendeskripsikan jalannya impuls pada gerak refleks/gerak yang disadari
Seseorang tanpa sengaja menginjak paku sehingga memberikan respon mengaduh dan mengangkat kaki. Urutan yang benar jalannya impuls pada respon tersebut adalah ...
A. Reseptor – saraf sensorik - otak – saraf motorik - efektor
B. Efektor – saraf sensorik - otak – saraf motorik - reseptor
C. Reseptor – saraf motorik - sumsum belakang – saraf sensorik - efektor
D. Efektor – saraf sensorik - sumsum belakang – saraf motorik - reseptor
E. Reseptor – saraf sensorik - sumsum belakang – saraf motorik – efektor
| |||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan system syaraf pusat (otak) mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagiannya
Perhatikan gambar otak manusia berikut ini
Seseorang mengalami kecelakaan sehingga cidera pada bagian kepala sehingga mengakibatkan kelumpuhan. Kemungkinan bagian yang mengalami kerusakan adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
| |||||||||||||||||||||||||
Dengan diberikan gambar sistem indra siswa mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagiannya
Bagian telinga manusia yang berfungsi sebagai alat meneruskan gelombang suara, menerima gelombang suara dan sebagai alat pendengar secara berurutan ditunjukkan oleh…. 1, 4, 3
A. A, C dan D
B. B, D dan E
C. A, B dan C
D. D, C dan E
E. B, D dan C
| |||||||||||||||||||||||||
Dengan narasi gangguan karena kelainan hormonal siswa mampu menyimpulkan penyebabnya
Beberapa anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga gigantisme yaitu tumbuh sangat cepat. Gangguan pertumbuhan ini disebabkan oleh kelebihan produksi hormone …
A. STH
B. LTH
C. ACTH
D. FSH
E. LH
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar